BerandaTERKINICV PUTRA NATAMA ENGINEERING & DINAS PUTR Samosir Sedang Melaksanakan Pengaspalan Hotmix...

CV PUTRA NATAMA ENGINEERING & DINAS PUTR Samosir Sedang Melaksanakan Pengaspalan Hotmix Jalan SP SMA Negeri Sianjur Mula-mula Menuju Desa Sikkam

Samosir- Pemerintah kabupaten Madiun melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ) Kabupaten Samosir Tahun Anggaran 2024 ini bersumber dari Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2024 Sebesar Rp. 8.913.500.000.00,Anggaran tersebut untuk peningkatan jalan Hotmix Ruas Jalan Simpang SMAN Sianjur Mula-mula Menuju Desa Sikkam, Pelaksana pekerjaan PUTRA NATAMA ENGINEERING dengan Konsultan Pengawas PT Konsulindo Citra Ernala

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan penataan ruang (PUPR) Kabupaten Samosir Rudimantho Limbong SHUT MM Melalui PPTK Pada Proyek tersebut Berlin Simbolon SE menyampaikan kepada Media Online Analisnews group Indonesia Kabupaten Samosir pada Selasa 26/11/2024 bahwa pengaspalan hotmix dan perbaikan jalan yang berada di Desa Sikkam Menuju Desa Habeahan Napurahan merupakan salah satu prioritas utama Dinas PUPR Kabupaten Samosir Tahun anggaran 2024 ini di Kecamatan Sianjur Mula-mula

 

“Dinas PUPR Kabupaten Samosir terus berupaya memperbaiki kerusakan jalan yang berada di wilayah Kecamatan Sianjur Mula-mula supaya masyarakat bisa nyaman dalam berkendara,” Dengan adanya jalan hotmix diharapkan roda perekonomian masyarakat semakin meningkat.

 

“Jalan yang bagus akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, akses pertanian dan bidang apapun dapat berjalan lancar, dan kedepannya di harapkan pembangunan ruas jalan tersebut dapat di lanjutkan secara simultan, ” ungkapnya.

Namun Berlin Simbolon mengatakan Dalam proyek jalan raya, dikenal suatu pekerjaan pengaspalan, umumnya proyek jalan menggunakan jenis Laston AC-WC, AC-BC dan AC-Base, setiap Laston tersebut mempunyai tebal nominal minimum,kami Selaku Pihak Dinas PUTR Samosir Bersama Penyedia jasa CV PUTRA NATAMA ENGINEERING, dan konsultan pengawas PT Konsulindo Citra Ernala walaupun masih tahap proses Pengaspalan Hotmix, tapi langsung Melakukan Pengujian core drill ini bertujuan untuk menentukan dan mengambil sampel perkerasan di lapangan sehingga dapat diketahui tebal dan karakteristik campuran perkerasan. Pengujian ini dilakukan beberapa titik STA yang telah ditentukan bersama.

 

Pihak Rekanan Kontraktor CV PUTRA NATAMA ENGINEERING Hisar Juster Siregar mengatakan bahwa Core drill aspal untuk pekerjaan Core Drilling adalah metode yang ideal untuk mengambil sampel inti (core sampling) dari proses pengaspalan jalan atau pemasangan beton yang telah selesai.

Material yang dibor dari bahan konstruksi langsung, dapat memberikan sampel terbaik untuk pengujian laboratorium yang menilai kualitas bahan atau memverifikasi kesesuaian dengan spesifikasi proyek,dan Pengujian Core Drill ini bertujuan untuk menentukan dan mengambil sampel perkerasan dilapangan sehingga dapat diketahui tebal dan karakteristik campuran perkerasan,

Hisar Juster Siregar menambahkan bahwa Ia selaku Pelaksana Lapangan CV PUTRA NATAMA ENGINEERING Siap Mendukung Sepenuhnya instruksi dari Dinas PUTR Samosir demi Kwalitas Proyek Pembangunan Infrastruktur jalan ini, ujarnya.

Sementara itu PPK Dinas PUTR Samosir Ronatal Sinaga ST Mengatakan bahwa Saat Pelaksanaan Pengaspalan Hotmix Pembangunan Ruas Jalan dari Simpang SMA Negeri Sianjur Mula-mula Menuju Desa Sikkam yang di Kerjakan Oleh Rekanan Kontraktor CV PUTRA NATAMA ENGINEERING, Menegaskan Kepada PPTK , Pengawas, Konsultan Pengawas PT .Konsulindo Citra Ernala langsung melakukan Core drill.

 

Ronatal Sinaga ST mengatakan bahwa Tujuan dari pengetesan ini adalah untuk mengukur ketebalan lapisan jalan aspal secara langsung di lapangan dan juga sampel hasil bor ini juga akan digunakan untuk dihitung berat isi/kepadatan di laboratorium, sehingga pekerjaan perkerasan aspal dapat diketahui apakah pekerjaan yang telah dilaksanakan dilapangan sudah sesuai dengan ketebalan rencana pekerjaan awal dan memiliki kepadatan yang sesuai dengan persyaratan dokumen kontrak atau tidak.

“Pengetesan ini dilaksanakan untuk meminimalisir kesalahan dan pelaksanaan pekerjaan dilakukan sesuai dengan yang diharapkan, Pungkasnya.

Lebih Lanjut, Ronatal Sinaga ST mengatakan sangat Mengapresiasi Media Online Analisnews group Indonesia Kabupaten Samosir yang telah melakukan Monitoring pada Pelaksanaan Pengaspalan Hotmix Jalan SP SMA Negeri Sianjur Mula-mula,

Partisipasi Media selaku sosial kontrol untuk penyambung Informasi kepada masyarakat dalam bentuk pengawasan pembangunan harus dibuka seluas-luasnya agar kualitas pembangunan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan guna menjamin umur pakai yang sesuai, serta jaminan keselamatan bagi seluruh penggunanya.

 

Kualitas aspal jalan yang buruk bisa dicegah dengan quality control yang baik, dan partisipasi pengawasan masyarakat dimulai saat pekerjaan aspal dimulai seperti pada saat pemilihan material, pencampuran hotmix, cara pemadatan aspal yang benar, dan sebagainya. Jika melihat kualitas aspal yang dirasa kurang baik agar segera mengambil sampel untuk diuji di laboratorium, agar kualitas aspal bisa terjaga dengan baik.

Sementara untuk melihat mengetahui kualitas aspal jalan yang kurang baik dapat dilakukan dengan memperhatikan ciri-cirinya secara visual seperti:

 

Warna aspal kurang hitam.

Banyak agregat yang lepas dari aspal jalan.

Ada retak rambut di lokasi tertentu karena pemadatan aspal yang tidak merata dan kondisi tanah di bawahnya masih labil.

 

 

Dengan demikian, untuk mendapatkan kualitas aspal jalan yang baik harus mengikuti spesifikasi yang ditentukan baik dalam perencanaan maupun pelaksanaannya.

 

Dari segi perencanaannya tentu harus mengikuti Jobmix Design yang disepakati antara kontraktor, konsultan dan pemberi tugas. Sedangkan segi pelaksanaan harus mengikuti prosedur seperti trial pemadatan yang sudah disepakati.

 

Aspal jalan yang sering cepat rusak bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

Kadar aspal tidak sesuai Job Mix Formula (JMF), yaitu komposisi material penyusun agregat aspal yang dibuat di laboratorium sebelum pelaksanaan di lapangan mulai. Misalnya jika dalam JMF menyebutkan kadar aspal yang harus dipakai minimal 6,2 persen, maka kadar aspal yang digunakan di lapangan harus 6,2 persen juga.

Suhu penghamparan aspal di lapangan tidak sesuai spesifikasi, biasanya terjadi karena jarak AMP (Asphalt Mixing Plant) dengan lokasi pengaspalan terlalu jauh.

Suhu aspal yang normal pada saat dituangkan di asphalt finisher adalah 135-150 derajat Celcius.

LPA dan LPB belum keras tetap dipaksakan dilakukan pengaspalan. LPA adalah lapis pondasi atas yang terletak tepat di bawah agregat aspal, sedangkan LPB adalah lapis pondasi bawah yang terletak di bawah LPA dan di atas tanah dasar. Seringkali dalam pelaksanaan di lapangan lebih mengutamakan percepatan tanpa memperhatikan kualitas pekerjaan.

Agregat aspal di atas tanah timbunan yang belum padat.

Jumlah passing pemadatan kurang.

Komposisi abu batu yang berpengaruh pada kualitas kerekatan.

Kurangnya pemadatan menggunakan alat berat. Pemadatan aspal biasa menggunakan dua alat yaitu, tandem roller dan PTR(Pneumatic Tire Roller).

 

Namun kita percaya kepada Rekanan Kontraktor CV PUTRA NATAMA ENGINEERING akan Melakukan Pekerjaan pembangunan Ruas Jalan Sp SMA Negeri Sianjur Mula-mula sesuai dengan aturan yang berlaku,ucapnya.

 

Saat Media Online Analisnews group Indonesia Kabupaten Samosir menemui Warga Desa Sikkam Kecamatan Sianjur Mula-mula Mengatakan “Dengan adanya perbaikan jalan Hotmix oleh Dinas PUPR Kabupaten Samosir masyarakat desa Sikkam sangat gembira dan sangat senang sekali, karena jalan untuk akses perekonomian sudah bagus dan lancar, ” pungkasnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img