BerandaTERKINIDinas PUTR Samosir Atasi Masalah Banjir diKecamatan Sianjur Mula-Mula

Dinas PUTR Samosir Atasi Masalah Banjir diKecamatan Sianjur Mula-Mula

Samosir-Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Kabupaten Samosir Melalui UPTD Peralatan Alat Berat Dinas PUTR Samosir Turunkan Excavakator untuk melaksanakan Normalisasi sungai-sungai yang ada di wilayah Kecamatan Sianjur Mula-mula Sepanjang 1.4 Km di Desa Sianjur Mulamula dan didesa Ginolat sejak akhir bulan April 2024 hingga pertengahan bulan mei 2024.

Kepala Dinas PUTR Samosir Rudimanto Limbong yang diwakili Oleh Kepala UPTD Peralatan Alat Berat Dinas PUTR Samosir Ronatal Sinaga Mengatakan bahwa pihaknya Sudah Melaksanakan Normalisasi sungai sepanjang kurang lebih 1,4 km di Desa Sianjur Mulamula dan Desa Ginolat Kecamatan Sianjur Mulamula untuk menghindari terjadinya luapan banjir ke lahan pertanian.
Normalisasi dilaksanakan dengan tujuan untuk mengantisipasi banjir yang sering terjadi dan selain itu untuk mengembalikan ukuran lebar dan kedalam sungai, ini mengembalikan bentuk sungai sesuai dengan peruntukan awal, itulah disebut dinormalkan

Dengan terlaksanaknanya kegiatan normalisasi sungai ini diharapkan meminimalisir potensi terjadinya banjir,kegiatan ini adalah mengembalikan dan atau mempertahankan penampang alami sungai sehingga dapat mengalirkan air dengan baik untuk mengurangi risiko banjir dan erosi,di wilayah Desa Sianjur Mula-mula dan di Desa Ginolat Kecamatan Sianjur Mula-mula kabupaten Samosir , ujar
Ronatal

Sementara itu,Kepala Koordinator Wilayah 3 dari UPTD Peralatan Alat Berat Dinas PUTR Samosir Binhot Sitanggang Menambahkan bahwa Normalisasi sungai adalah kegiatan untuk memperbaiki dan mengembalikan fungsi sungai secara normalnya. Tujuan dari normalisasi sungai adalah untuk memperlebar badan sungai, merapikan bentuk sungai, dan mengeruk kedalam sungai supaya memiliki daya tampung yang ideal dalam menampung volume dan debit arus air.

Lebih lanjut,Binhot Sitanggang menjelaskan Normalisasi sungai umumnya berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan dalam suatu negara. Normalisasi sungai menjadi salah satu langkah untuk menanggulangi bencana banjir. Normalisasi sungai erat kaitannya dengan betonisasi. Namun sesungguhnya normalisasi sungai juga mencakup konsep naturalisasi untuk menghijaukan kembali bantar sungai,Ujarnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img