BerandaTERKINIBabinsa Labuan Aji Ikut Serta dalam Kegiatan Sosialisasi & Verifikasi Teknis Kemitraan...

Babinsa Labuan Aji Ikut Serta dalam Kegiatan Sosialisasi & Verifikasi Teknis Kemitraan Konservasi di TN Moyo Satonda

NTB – Sumbawa Besar, Babinsa Labuan Aji hadiri kegiatan Sosialisasi penyelesaian Garapan dan verifikasi teknis usulan kemitraan konservasi di taman nasional moyo satonda dilaksanakan di aula SDN Brangkua Desa Labuan Aji Kecamatan Labuhan Badas Kabupaten Sumbawa, Selasa (14/05/2024).

 

Acara ini dihadiri oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah II NTB Bapak Arap S.P., Ketua Verifikasi Teknis Satlakwasdal UUCK Bidang LHK Bapak Raden Ahmad Basith, dan WCS Indonesia Program Bapak Abdul Muis. Selain itu, hadir juga 5 kelompok tani hutan (KTH) di Taman Nasional Moyo Satonda dengan seluruh anggota mencapai 140 orang.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 Wita. Setelah sambutan-sambutan dari Kepala Seksi Konservasi Wilayah II NTB dan Kepala Desa Labuan Aji yang diwakili Ketua BPD Juraiddin, dilanjutkan dengan sosialisasi penyelesaian lahan garapan oleh Bapak Raditio Utama Putra dari Direktorat PKK KSDAE KLHK dan dilakukan penandatanganan surat pernyataan (Pakta Integritas) oleh 5 ketua KTH.

 

Kegiatan selanjutnya adalah verifikasi administrasi usulan kemitraan konservasi di Taman Nasional Moyo Satonda terhadap 5 kelompok KTH beserta seluruh anggotanya. Verifikasi teknis ini dilakukan oleh Ketua Verifikasi Teknis Satlakwasdal UUCK Bidang LHK Bapak Raden Ahmad Basith dan tim yang terdiri dari 8 orang.

Dalam kegiatan ini, disebutkan bahwa kelompok tani hutan (KTH) yang diusulkan untuk menjadi kemitraan konservasi harus berasal dari warga setempat dan lahan konservasi yang diusulkan tidak lebih dari 5 hektar. Selain itu, tidak diperkenankan membuka lagi lahan baru di areal konservasi Taman Nasional Moyo Satonda.

 

Tim MPP melaporkan kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari upaya penyelesaian lahan garapan masyarakat di Taman Nasional Moyo Satonda dan sebagai bentuk sosialisasi serta verifikasi teknis usulan kemitraan konservasi di wilayah tersebut.

 

Kehadiran Babinsa Labuan Aji Sertu Arifuddin dalam kegiatan ini untuk memberikan dukungan dan mengawal kelancaran acara serta turut berpartisipasi dalam kegiatan verifikasi teknis bersama tim verifikator terkait usulan kemitraan konservasi di Taman Nasional Moyo Satonda. 

 

Dalam rapat ini, Sertu Arifuddin turut mendengarkan sosialisasi penyelesaian lahan garapan masyarakat serta penjelasan verifikasi teknis yang dilakukan oleh tim verifikator terkait usulan kemitraan konservasi demi menjaga kelestarian lingkungan hidup di wilayah tersebut. 

 

Dengan kehadiran Babinsa, diharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan tertib serta memberikan manfaat bagi masyarakat setempat dan para pihak terkait.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img