BerandaTERKINIFokus Pengawasan Melekat Coklit Data Pemilih, Ini Kata Ketua Bawaslu Ogan Ilir

Fokus Pengawasan Melekat Coklit Data Pemilih, Ini Kata Ketua Bawaslu Ogan Ilir

INDRALAYA, Nakulanews.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ogan Ilir fokus mengawasi prosedur pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih, yang dilakukan petugas pemutakhiran daftar pemilih (pantarlih). Hal ini untuk memastikan semua warga terdata, sehingga nantinya masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

” Seluruh jajaran panwas kelurahan/ Desa diinstruksikan melakukan pengawasan secara melekat terhadap proses coklit,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir Dewi Al Hikmawati kepada awak media Sabtu (29/6/2024) di Tanjung Raja.

Dewi menuturkan, pengawasan melekat oleh Panwas kelurahan/Desa dan pengawas di tingkat kecamatan (panwascam), untuk memastikan pantarlih bekerja sesuai ketentuan. Pengawasan juga untuk memastikan semua warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih, betul-betul sudah didata oleh pantarlih.

Sementara itu Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tanjung Raja Pemilu Dwita Nusantara Menjelaskan, pengawasan melekat (Waskat) coklit yang dilakukan KPU melalui PANTARLIH sejak tanggal 24 Juni hingga 24 Juli mendatang.

” Kami dari Bawaslu menggelar waskat coklit data pemilih pilkada 2024 dengan dua model yakni pengawasan melekat dan uji petik,” Jelas Ketua Panwascam Tanjung Raja.

Pemilu menyampaikan, tujuannya melakukan pengawasan untuk memastikan PANTARLIH benar benar bekerja secara optimal sesuai prosedur.

Dia juga menjelaskan bahwa jajaran Panwascam dan terutama Pengawas Kelurahan Desa ( PKD ) tetap melaksanakan pengawasan melekat.

Pemilu sapaan akrabnya menyampaikan bahwa dalam pengawasan melekat pihaknya menemui tokoh – tokoh masyarakat, agama dan disabilitas.

” Alhamdulillah hari ini kita melakukan pengawasan dan sudah bertemu dengan tokoh pemerintahan diantaranya Camat Tanjung Raja, Sekcam Rantau Alai serta Tokoh Masyarakat dan disabilitas,” sebutnya.

Terpisah tokoh masyarakat Tanjung Raja Suharmawinata mengapresiasi kedatangan Pantarlih untuk melakukan coklit yang diawasi Bawaslu secara langsung melakukan pengawasan melekat.

” Ya, kami merasa bangga dan senang karena sudah dilakukan pencocokan penelitian (coklit) oleh Pantarlih yang diawasi langsung Ketua Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir bersama Panwascam, hal ini memang harus dilakukan karena jangan sampai terjadi tumpang tindih mata pilih,” terangnya.(Emi. S)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img