Senin, November 3, 2025

Buy now

spot_img
Beranda blog Halaman 5

Direktur Utama Krakatau Steel Raih Leadership Excellence Award 2025 dari HIPMI dan Danantara Indonesia Business Forum

0

Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Akbar Djohan, meraih penghargaan bergengsi Leadership Excellence Award 2025 dari Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) dan Danantara Indonesia Business Forum.

Penghargaan ini diserahkan pada malam penganugerahan Leadership Excellence Award 2025 HIPMI – Danantara, yang berlangsung di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, pada Senin (20/10). Ajang ini merupakan bentuk apresiasi kepada para pemimpin dan badan usaha yang memiliki peran strategis dalam memperkuat daya saing industri serta berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Kontribusi Nyata untuk Indonesia

Akbar Djohan menerima penghargaan pada kategori “Excellence in Steel Industry & Industrial Competitiveness Award 2025”, sebuah bentuk pengakuan atas dedikasi, kepemimpinan visioner, dan kontribusi signifikan dalam mendorong Krakatau Steel bertransformasi menjadi perusahaan baja terintegrasi yang modern, efisien, dan berdaya saing global.

Penghargaan ini turut menyoroti keberhasilan Akbar Djohan sebagai Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam menciptakan multiplier effect pertumbuhan ekonomi yang inklusif melalui penerapan hilirisasi industri, pengembangan pasar secara strategis yang mendorong penciptaan lapangan kerja, hingga penguatan ketahanan industri nasional.

“Pencapaian ini bukanlah semata-mata karena hasil kerja saya, tetapi juga karena penghargaan ini merupakan wujud nyata dari dedikasi, kerja keras, dan kontribusi luar biasa dari seluruh stakeholders dalam mewujudkan visi, misi, dan transformasi bisnis perusahaan,” ujar Akbar Djohan yang juga menjabat sebagai Chairman IISIA (Indonesia Iron & Steel Industry Association) dan Chairman ALFI/ILFA (Asosiasi Logistik & Forwarder Indonesia).

Ke depan, Akbar menegaskan terus melakukan akselerasi transformasi dalam rangka memperkuat posisi perusahaan sebagai industri strategis nasional yang berperan dalam menjaga kedaulatan industri dalam negeri melalui percepatan hilirisasi dan optimalisasi produksi.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Sekretaris Jenderal BPP HIPMI Dr. Anggawira, Ketua Satgas Pangan BPP HIPMI M. Hadi Nainggolan, Ketua Satgas Energi BPP HIPMI Jay Aryaputra Singgih dan turut disaksikan oleh Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni, Raffi Ahmad.

Leadership Excellence Award 2025″ persembahan HIPMI – Danantara Indonesia Business Forum merupakan ajang penghargaan bagi para pemimpin di berbagai sektor yang telah berkontribusi dalam transformasi ekonomi Indonesia. Ajang bergensi ini merupakan wujud nyata komitmen bersama dalam mendorong pemberdayaan ekonomi, memperluas pemerataan kesempatan, serta membangun masa depan bangsa yang tangguh.

Industri Baja Fondasi Stabilitas Ekonomi

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk memberikan dukungannya pada arah baru transformasi ekonomi Indonesia. Langkah ini menjadi bagian dari komitmen Perseroan dalam mendukung terwujudnya visi pemerintah meraih Indonesia Emas 2045, khususnya pada peran industri baja dalam memperkuat daya saing ekonomi nasional.

Dukungan dan komitmen ini tercermin dari partisipasi Krakatau Steel pada HIPMI-Danantara Business Forum 2025 yang digelar di Jakarta, Senin (20/10/2025).

Mengusung tema “Berdikari bersama Danantara: Transformasi Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045”, Krakatau Steel memandang forum ini sebagai langkah strategis dalam mempertemukan para pemimpin lintas sektor untuk membahas arah baru transformasi ekonomi Indonesia.

Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Akbar Djohan mengatakan, upaya mewujudkan cita-cita nasional tersebut harus diiringi dengan penguatan industri baja sebagai mother of industries yang menopang keberlanjutan industri di semua lini. Menurutnya, Utilisasi produksi yang optimal akan membuat industri baja lebih efisien dan kompetitif. Dengan demikian kebutuhan domestik dapat dipenuhi, sehingga mengurangi defisit perdagangan dan menguatkan industri secara keseluruhan. Lebih lanjut upaya ini dapat mendorong peluang investasi di industri baja yang berdampak positif pada peningkatan daya saing, penyerapan tenaga kerja, dan pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif.

Hilirisasi dan Sinergi untuk Kedaulatan Pangan dan Teritorial

Dalam sesi diskusi panel HIPMI-Danantara Business Forum 2025, Akbar Djohan turut menekankan pentingnya sinergi dan inovasi antara Industri dan Pengusaha Muda dalam rangka mendorong hilirisasi mewujudkan kemandirian industri baja nasional. Kolaborasi dari hulu (produksi baja mentah) hingga hilir (produk jadi seperti pipa baja) bertujuan untuk memperkuat rantai pasok di dalam negeri dan meningkatkan nilai tambah ekonomi.

Dalam upaya mendukung ketahanan pangan, Krakatau Steel berkontribusi sebagai akselerator program Makan Bergizi Gratis (MBG) dan sudah melakukan inovasi dengan masuk ke sektor hilir, yaitu mengembangkan dapur modular dengan keseluruhan TKDN mencapai 80%, yang terdiri mulai dari struktur bangunan modular, baja ringan, kitchen set, hingga food tray yang saat ini sedang dalam proses pendaftaran SNI dan sertifikat halal. SPPG modular menggunakan sistem knockdown sehingga prosesnya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 40 hari, dan saat ini kita sudah memproduksi 200 sampai 400 SPPG modular. Inovasi ini menarik minat banyak para pimpinan daerah untuk hadir di Cilegon untuk melihat contoh bangunan SPPG modular.

Kemudian penjajakan lintas sektor antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Krakatau Steel pun telah dilakukan. Sebelumnya, Wakil Menteri KKP Didit Herdiawan sudah hadir berkunjung ke Krakatau Steel memberikan mandat suplai pelat baja untuk kebutuhan pembuatan 20.000 kapal untuk nelayan. Pertemuan ini langsung mendapatkan tindak lanjut berupa laporan Kementerian KKP kepada Danantara, sehingga realisasi penguatan ketahanan pangan Indonesia sudah di depan mata.

Tidak berhenti pada pembuatan kapal nelayan, dalam upaya penguatan ketahanan teritorial, Krakatau Steel dan Group serta industri dalam negeri lainnya optimis dapat memenuhi kebutuhan pembangunan Giant Sea Wall hingga alutsista yang tentunya membutuhkan bahan baku baja dari Krakatau Steel.

About Krakatau Steel Tbk

Sekilas Tentang PT Krakatau Steel (Persero) Tbk 

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk merupakan perusahaan manufaktur baja terintegrasi yang didirikan pada 31 Agustus 1970. Selain bergerak di sektor industri baja, Krakatau Steel dan Group mengembangkan bisnis kawasan industri terpadu, kepelabuhanan, logistik, penyedia air industri maupun penyediaan energi dalam bentuk power plant serta beberapa ventura bersama dengan perusahaan Korea dan Jepang.

Krakatau Steel saat ini berkomitmen kuat untuk melakukan transformasi dengan semangat “Revolutionary Movements: Committed to Transform” yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan, membangun kepercayaan dan transparansi dengan pemangku kepentingan, serta menarik investor. Transformasi ini mencakup berbagai aspek, termasuk perbaikan Human Capital, pengembangan bisnis hilir, dan peningkatan bisnis infrastruktur.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Grebek Pasar BRI BO Otista: Dekatkan Layanan Perbankan dengan Pedagang dan UMKM

0

Suasana Pasar semakin ramai ketika PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk BO Otista menggelar kegiatan “Grebek Pasar”, sebuah program yang dirancang khusus untuk mendekatkan layanan perbankan BRI kepada para pedagang dan pelaku UMKM.

Dalam acara ini, BRI hadir bukan sekadar memperkenalkan produk, tetapi juga menjadi mitra andal yang siap mendukung semangat wirausaha masyarakat. Melalui berbagai solusi finansial, BRI berkomitmen membantu meringankan beban pelaku usaha, menambah keuntungan, dan memperluas jaringan bisnis mereka.

Produk unggulan yang ditawarkan dalam kegiatan Grebek Pasar ini antara lain Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pembiayaan modal kerja, layanan QRIS BRI untuk memudahkan transaksi digital, serta produk tabungan harian yang fleksibel dan aman bagi pedagang pasar.

“Pasar adalah denyut nadi ekonomi rakyat. BRI ingin hadir langsung di tengah masyarakat untuk memastikan setiap pelaku usaha, sekecil apapun, memiliki akses ke layanan keuangan yang mudah, aman, dan menguntungkan,” ujar perwakilan BRI BO Otista.

Selain sosialisasi produk, acara juga dimeriahkan dengan berbagai promo menarik, hadiah langsung, hingga pendampingan cara menggunakan layanan digital BRI. Antusiasme pedagang terlihat jelas dari banyaknya pengunjung stan BRI yang ingin tahu lebih jauh tentang manfaat layanan ini.

Melalui Grebek Pasar, BRI BO Otista menegaskan komitmennya sebagai banknya UMKM, yang selalu hadir mendukung pertumbuhan wirausaha dan penguatan ekonomi kerakyatan.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Japan Tech Indonesia 2025: Paving The Way For Japan-Indonesia IT Collaboration

0

300 IT professionals in attendance; 8 leading Japanese exhibitors showcase innovations; B2B panel reveals go-to-market strategies in Southeast Asia

Jakarta, 23 October 2025 — Japan Tech Indonesia 2025 officially concluded on 21 October 2025 at Ciputra Artpreneur, Jakarta, marking a major milestone in fostering collaboration between the IT industries of Japan and Indonesia. The event brought together cutting-edge technology solutions from Japan and the growing needs of the Indonesian market, opening doors for partnerships and wider product adoption across various sectors in Southeast Asia.

More than 300 IT professionals—including founders, CEOs, and department heads—participated in the exhibition, product demos, and interactive Q&A sessions at exhibitor booths. The enthusiasm was evident as participants engaged in technical and business discussions focused on operational efficiency, security, and accelerating digital transformation in Indonesian businesses.

At the exhibition area, 8 exhibitors presented their innovations: Asuene, Kintone, giftee, Josys, HENNGE, Cacco, MICHIRU, and Softbrain. The exhibitors expressed optimism that their pioneering products, successfully implemented in Japan, could contribute to advancing Indonesia’s industry through effective collaboration and localization strategies.

In addition, the main stage hosted a B2B panel discussion on go-to-market strategies with experts from Japan: Yuiichiro Sasaki (RevComm) and Harutoshi Tanaka (Mekari). They shared valuable insights on the challenges and opportunities of entering the Indonesian market, including the importance of educating customers, strengthening partner ecosystems, and focusing on customer success as a driver for retention.

“Our mission is simple: to bridge Japanese innovation with the real business needs in Indonesia and Southeast Asia. The enthusiasm from 300 participants and the in-depth project discussions clearly show the vast potential for collaboration moving forward,” said Ferry Bayu, CEO of VRIGroup, in his opening remarks. “Post-event, we will follow up with matchmaking business opportunities and prepare for a larger edition with more curated exhibitors from Japan.”

The success of this event was further supported by official partners: e27, Pocketalk—which provided live transcription to enrich the conference experience—Tech in Asia, Prominent PR, MiiTel (RevComm), and Mekari.

Exhibitor & Speaker Line-Up:

– Masaki Hamada, Managing Director, Asuene APAC Pte Ltd

– Akito Souma, Managing Director, MICHIRU Co., Ltd.

– Yoshiki Tominaga, Assistant Manager, Business Development Division, Cacco Inc.

– Clinton Wee, Digitalization Specialist, Kintone SEA Sdn. Bhd.

– Riky Tenggara, Director – Southeast Asia, Josys

– Yuricia Vebrina, Global Sales, HENNGE K.K.

– Hiroaki Kishiro, Managing Director, PT giftee International Indonesia

– Koji Yamashita, Executive Engineer, Product Strategy Office Softbrain

– Panelists: Yuiichiro Sasaki (RevComm) & Harutoshi Tanaka (Mekari)

– Opening Remark: Ferry Bayu, CEO VRIGroup

This press release has also been published on VRITIMES

TradingPRO Enhances Platform Stability and Speed with New Server Upgrade

0

TradingPRO has completed a major server infrastructure upgrade, improving overall platform stability and execution speed for traders worldwide — including a growing number of users in the Philippines.
This upgrade ensures faster trade execution, reduced latency, and improved uptime — providing Filipino traders with a smoother and more responsive trading experience on MetaTrader 4 (MT4) and MetaTrader 5 (MT5) platforms.

Faster Execution and Improved Reliability

TradingPRO’s upgraded servers deliver significantly lower latency and enhanced order processing, giving traders more control during high-volatility market conditions.The improvement allows for faster order placement, minimal slippage, and greater system resilience — key advantages for day traders and scalpers who rely on execution precision.

Highlights of the server upgrade include:

* Reduced Latency: Orders now processed in milliseconds

* Improved Platform Uptime: Enhanced reliability during volatile sessions

* Global Network Coverage: Optimized routing for Asia-based traders

* Secure Infrastructure: Advanced encryption and redundancy for stable trading

Commitment to a Seamless Trading Experience

This infrastructure upgrade is part of TradingPRO’s ongoing effort to improve platform performance and user satisfaction, ensuring that Filipino traders can operate with maximum confidence and speed in every trade.

With this enhancement, traders in the Philippines can expect an even smoother experience — whether executing quick scalping strategies, managing long-term positions, or testing strategies on demo accounts.

Start Trading with TradingPRO

Filipino traders can now experience faster and more reliable execution powered by TradingPRO’s enhanced server infrastructure.

Sign Up here to experience TradingPRO’s latest feature.

Join the TradingPRO Community

Telegram: [Link]

Facebook: [Link]

LinkedIn: [Link]

Instagram: [Link]

This press release has also been published on VRITIMES

KAI Group Perkuat Dukungan terhadap UMKM Melalui Program ‘KAI Solusi UMKM’

0

PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui anak usahanya KAI Logistik terus memperkuat komitmen dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sebagai wujud nyata dukungan terhadap pemberdayaan pelaku usaha, KAI menghadirkan program “KAI Solusi UMKM” dalam kegiatan Festival Kemudahan dan Pelindungan Usaha Mikro yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (KemenKopUKM RI) di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, pada 20 Oktober 2025.

Direktur Pengembangan Usaha, Riyanta mengungkapkan “Logistik memiliki peranan strategis dalam memperkuat daya saing UMKM. Akses distribusi yang cepat, aman, dan hemat biaya menjadi kunci bagi pelaku usaha untuk memperluas pasar dan meningkatkan produktivitas. Melalui program KAI Solusi UMKM, KAI Group menghadirkan layanan logistik yang mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan. Selain itu, Kami ingin memastikan seluruh pelaku usaha, termasuk di level mikro, dapat mengakses layanan logistik yang andal, terjangkau, dan menjadi ekosistem strategis bagi pertumbuhan usahanya,”

Melalui program KAI Solusi UMKM, KAI Logistik menghadirkan tarif logistik bersahabat dengan harga khusus yang lebih hemat dan kompetitif, baik melalui layanan di Service Point maupun platform digital KAI Logistik TRAX. Pelaku UMKM cukup menginput Nomor Izin Berusaha untuk mendapatkan keistimewaan tarif khusus dengan pemberlakuan diskon 50% hingga 31 Desember 2025.

Kegiatan berskala nasional ini menghadirkan lebih dari 1.000 peserta UMKM. Festival ini menampilkan rangkaian acara seperti talkshow Kemudahan dan Pelindungan Usaha Mikro, pelatihan peningkatan kapasitas UMKM, serta 25 booth kolaborator yang memberikan layanan konsultasi usaha dan dukungan pengembangan bisnis mikro.

Selain menghadirkan tarif khusus, KAI Logistik juga memberikan penawaran kemitraan tanpa biaya pendaftaran bagi UMKM yang ingin bergabung sebagai Mitra KAI Logistik. Melalui skema kemitraan ini, UMKM tidak hanya memperoleh kemudahan dalam pendistribusian produknya, tetapi juga memiliki peluang untuk memperluas bisnis di bidang jasa logistik melalui skema pembagian imbal jasa (revenue sharing).

“Kami ingin menghadirkan model kolaborasi yang bukan hanya memudahkan pengiriman, tetapi juga membuka peluang usaha baru bagi masyarakat. Dengan menjadi mitra, pelaku UMKM tidak sekadar pengguna jasa, tetapi menjadi bagian dari rantai logistik nasional,” tambah Riyanta.

Program KAI Solusi UMKM menjadi langkah konkret KAI Group dalam mendukung visi pemerintah untuk menciptakan ekosistem UMKM yang kuat, tangguh, dan berdaya saing. Inisiatif ini sejalan dengan arah transformasi BUMN yang berorientasi pada pemberdayaan ekonomi rakyat, kemandirian usaha, dan pemerataan pertumbuhan nasional.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

KAI Logistik Kembali Menguat, Kinerja Batu Bara Melonjak di Triwulan III 2025

0

KAI Logistik anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero), mencatatkan kinerja positif pada layanan angkutan batu bara di triwulan III 2025. Hingga akhir September 2025, KAI Logistik telah mengelola total 12,7 juta ton batu bara, menunjukkan tren pemulihan signifikan setelah perlambatan pada triwulan II.

Pada triwulan III 2025, volume angkutan batu bara mencapai 4.359.567 ton, meningkat 21% dibandingkan triwulan II yang tercatat sebesar 3.612.428 ton. Peningkatan ini mencerminkan pemulihan performa operasional yang solid, seiring dengan penguatan harga batu bara global dan kenaikan volume angkutan.

Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah menyampaikan bahwa “Fluktuasi harga batu bara global menjadi tantangan sekaligus peluang bagi kami untuk memperkuat ketahanan sistem logistik nasional. KAI Logistik menjawabnya dengan strategi efisiensi, penguatan teknologi, dan optimalisasi kapasitas layanan. Langkah ini memastikan kami tetap menjadi bagian penting dalam menjaga kesinambungan pasokan batu bara bagi kebutuhan energi nasional,”.

Saat ini KAI Logistik melayani angkutan batu bara melalui lima terminal utama, yaitu Kertapati, Sukacinta, Muaralawai, Merapi, dan Banjarsari. Di antara lokasi tersebut, Terminal Kertapati telah menjadi terminal dengan penerapan teknologi dan modernisasi infrastruktur logistik melalui pembangunan conveyor belt system yang terintegrasi dengan shiploader berkapasitas 1.500 ton per jam. Melalui modernisasi ini, KAI Logistik beralih dari metode konvensional berbasis dump truck, sehingga kegiatan bongkar muat menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan. Setiap hari, KAI Logistik mengelola lebih dari 59.000 ton batu bara per hari dari berbagai titik terminal.

Selain modernisasi terminal, KAI Logistik juga menerapkan teknologi berupa implementasi RFID pada kontainer batu bara untuk mengoptimalkan supply chain management. “Komitmen pelayanan logistik energi melalui serangkaian inovasi dan modernisasi merupakan langkah nyata kami dalam meningkatkan efisiensi rantai distribusi sekaligus mengurangi emisi karbon dari aktivitas logistik,” tambah Fredi. Upaya ini sejalan dengan komitmen KAI Logistik untuk mendorong agenda ketahanan energi nasional melalui transportasi yang efisien, aman, dan berkelanjutan.

Dalam meningkatkan layanan pengelolaan batu bara, KAI Logistik juga tengah membangun terminal baru, CY Merapi 2 dengan kapasitas angkutan batu bara sebesar 4,54 juta ton/tahun. Pembangunan CY Merapi 2 ini menjadi langkah strategis perusahaan dalam meningkatkan kapasitas produksi dan menyokong kebutuhan logistik energi nasional.

KAI Logistik optimistis kinerja positif juga akan terus berlanjut hingga akhir tahun 2025, didukung oleh stabilnya permintaan sektor energi, penguatan kerja sama dengan pelanggan strategis, serta peningkatan investasi pada infrastruktur logistik berbasis teknologi.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

KAI Logistik Wujudkan Komitmen Green Logistics Melalui Transparansi Jejak Karbon di Invoice Pelanggan

0

Sebagai bagian dari komitmen menghadirkan layanan logistik yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, KAI Logistik meluncurkan inovasi terbaru berupa informasi carbon footprint atau jejak karbon yang kini tercantum langsung di setiap invoice pelanggan. Melalui inovasi ini, pelanggan dapat mengetahui jumlah emisi karbon (CO₂) yang dihasilkan dari aktivitas pengiriman barang melalui moda kereta api. Langkah ini menjadi wujud nyata tanggung jawab KAI Logistik dalam mendukung implementasi Green Logistics di Indonesia serta memperkuat peran BUMN dalam mendorong sistem transportasi yang efisien dan berwawasan lingkungan.

Riyanta, Direktur Pengembangan Usaha KAI Logistik mengungkapkan “Kehadiran fitur informasi jejak karbon merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk mendorong kesadaran lingkungan di setiap aktivitas bisnis. Transparansi merupakan langkah awal menuju perubahan yang lebih berkelanjutan. Melalui fitur carbon footprint di invoice, kami ingin mengajak pelanggan memahami dampak emisi dari setiap aktivitas pengiriman. Ini bukan sekadar data, melainkan cerminan tanggung jawab kami dalam mengelola bisnis yang berorientasi pada efisiensi energi dan keberlanjutan”.

Pemanfaatan moda kereta api sendiri menjadi kunci penting dalam strategi efisiensi karbon. Moda KA merupakan transportasi dengan emisi karbon yang jauh lebih rendah dibandingkan moda darat lainnya. Dengan demikian, setiap kiriman barang yang menggunakan moda KA berkontribusi langsung dalam mengurangi jejak emisi transportasi dan membantu upaya nasional dalam menekan dampak perubahan iklim. Dengan memberikan informasi emisi secara terbuka kepada pelanggan, KAI Logistik ingin menumbuhkan kesadaran bahwa setiap keputusan pengiriman dapat menjadi bagian dari upaya bersama memastikan keberlanjutan.

“Komitmen penerapan green logistics tidak hanya sebatas pada pencantuman emisi pada invoice pelanggan, tetapi semakin diperkuat dengan perhitungan emisi GRK tier 3 dan pelaporan emisi GRK sesuai dengan kerangka ISO 14083, dan KAI Logistik menjadi pioneer dalam implementasi tersebut. Langkah ini menjadi inisiatif strategis yang selaras dengan visi jangka panjang khususnya dalam implementasi green logistics,” lanjut Riyanta.

Sejalan dengan meningkatnya kesadaran terhadap efisiensi energi dan keberlanjutan, minat pelaku industri untuk beralih ke moda kereta api juga terus meningkat. Pertumbuhan tersebut tercermin dari peningkatan signifikan pada layanan angkutan kereta kontainer. Sepanjang Triwulan II tahun ini, volume angkutan kontainer KAI Logistik tumbuh sebesar 14 persen dibandingkan Triwulan I sebelumnya. Tren positif ini berlanjut pada Triwulan III dengan pertumbuhan sebesar 6 persen dibandingkan kinerja Triwulan II, dengan total volume pengangkutan mencapai lebih dari 650 ribu ton, naik dari sekitar 610 ribu ton pada periode TW II sebelumnya.

Hingga September 2025, KAI Logistik telah mencatat total angkutan kontainer mencapai 1,8 juta ton, meningkat 7 persen dibandingkan capaian pada periode yang sama tahun lalu sebesar 1,68 juta ton. Capaian ini menjadi bukti bahwa penggunaan moda kereta api oleh sektor industri semakin meningkat, seiring dengan tumbuhnya kesadaran terhadap efisiensi biaya, ketepatan waktu, serta dampak lingkungan yang lebih rendah.

“Melalui langkah ini, KAI Logistik berharap dapat memperkuat kesadaran industri akan pentingnya transisi menuju moda transportasi yang lebih hijau, serta mendorong peralihan berkelanjutan ke moda kereta api yang lebih efisien dan rendah emisi,” tutup Riyanta.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

KAI Logistik Kelola Lebih dari 17 Juta Ton Barang, Kinerja Triwulan III Naik di Seluruh Segmen Layanan

0

KAI Logistik kembali mencatatkan kinerja positif pada triwulan III tahun 2025. Hingga akhir September, perusahaan telah mengelola lebih dari 17 juta ton barang dari berbagai segmen layanan. Capaian ini mencerminkan solidnya performa operasional serta hasil nyata dari langkah transformasi dan strategi bisnis berkelanjutan yang dijalankan sepanjang tahun.

Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah menyampaikan bahwa capaian tersebut menjadi bukti nyata dari efektivitas strategi perusahaan dalam memperkuat fondasi bisnis, meningkatkan produktivitas layanan, serta menghadirkan solusi logistik yang adaptif terhadap kebutuhan pelanggan. “KAI Logistik mencatatkan kinerja positif di triwulan III. Pertumbuhan di hampir seluruh segmen layanan menunjukkan kepercayaan pelanggan yang terus meningkat. Capaian ini tidak lepas dari berbagai langkah strategis, mulai dari peningkatan kompetensi operasional, digitalisasi proses layanan, hingga penguatan infrastruktur logistik di berbagai daerah,” jelas Fredi.

Dari total volume tersebut, batubara masih menjadi kontributor utama dengan capaian sebesar 12.721.103 ton, atau sekitar 74 persen dari keseluruhan kinerja perusahaan. Volume ini menunjukkan peningkatan signifikan seiring dengan meningkatnya permintaan logistik energi untuk agenda ketahanan energi nasional. Selanjutnya, layanan pra dan purna angkutan BBM dan BBK mencatatkan volume sebesar 2.266.546 ton, diikuti oleh angkutan kereta kontainer yang mencapai 1.801.773 ton.

Segmen non-kontainer mencatat volume sebesar 333.836 ton, sementara layanan kurir dan ekspres berhasil tumbuh signifikan dengan capaian 48.117 ton. Mayoritas seluruh segmen layanan menunjukkan tren pertumbuhan positif dibandingkan periode triwulan sebelumnya, menandai momentum berkelanjutan dari upaya KAI Logistik dalam memperkuat kinerja operasional sekaligus memperluas basis pelanggan di berbagai sektor industri.

Pertumbuhan triwulan III dibandingkan triwulan II tercatat pada layanan bongkar muat batubara yang meningkat hingga 21 persen, diikuti layanan non-kontainer juga mencatatkan pertumbuhan sebesar 10 persen, layanan KA Kontainer 7% sementara layanan kurir yakni 24 persen, dari 14.924 ton pada triwulan II menjadi lebih dari 18 ribu ton pada triwulan III. Di sisi lain, layanan pra dan purna angkutan BBM serta BBK juga menunjukkan peningkatan stabil sekitar 4 persen dibandingkan TW II.

Pertumbuhan kinerja KAI Logistik juga didorong oleh berbagai inisiatif strategis yang dijalankan secara konsisten sepanjang tahun. Salah satunya adalah komitmen percepatan sertifikasi halal di sejumlah terminal logistik serta penguatan komitmen green logistics. Di samping itu, KAI Logistik juga memperkuat layanan ritel melalui KALOG Express baik dari sisi peningkatan operasional, digital hingga perluasan jaringan.

Kinerja positif Triwulan III 2025 sekaligus memperkuat posisi KAI Logistik sebagai penyedia jasa logistik berbasis kereta api terdepan di Indonesia. Dengan komitmen menghadirkan solusi logistik yang tidak hanya menggerakkan barang dan ekonomi, tetapi juga membawa nilai keberlanjutan bagi negeri.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

BRI Region 6/Jakarta 1 Dukung Peluncuran Program ACCES dan Seminar Pembiayaan UMKM

0

BRI Region 6/Jakarta 1 turut serta berpartisipasi dalam acara Peluncuran Program ACCES (Accelerating Capital Resources for Medium Enterprises) dan Seminar Edukasi Pembiayaan Inovatif bagi Usaha Menengah, yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia. Kegiatan tersebut berlangsung di Ballroom Hotel Westin, Kuningan, Jakarta, pada Kamis (23/10).

Program ACCES merupakan inisiatif strategis pemerintah dalam memperkuat akses pembiayaan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Melalui program ini, diharapkan para pelaku usaha dapat memperoleh kemudahan dalam mengakses fasilitas pembiayaan yang tepat dan berkelanjutan dari lembaga keuangan, termasuk perbankan nasional.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Hendry Hatorangan Manalu, selaku Regional SME Banking Head BRI Region 6/Jakarta 1, turut hadir sebagai salah satu narasumber dalam seminar edukasi pembiayaan inovatif. Beliau memaparkan peran BRI dalam mendukung pertumbuhan usaha menengah melalui berbagai produk dan layanan pembiayaan yang inovatif, adaptif, dan sesuai kebutuhan pasar.

Partisipasi BRI Region 6 dalam kegiatan ini menjadi bentuk nyata dukungan terhadap program pemerintah dalam memperkuat ekosistem pembiayaan UMKM, sejalan dengan komitmen BRI untuk menjadi mitra utama pelaku usaha di seluruh Indonesia.

Sebagai bank yang berfokus pada pemberdayaan sektor UMKM, BRI terus berinovasi menghadirkan solusi keuangan yang inklusif dan mudah diakses. Melalui kegiatan seperti ini, BRI menegaskan perannya sebagai motor penggerak ekonomi kerakyatan dan mitra strategis pemerintah dalam memperluas akses keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Tentang PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Region 6/Jakarta 1

Jl. Veteran II No. 8 Gambir Jakarta Pusat 10110
Press release ini juga sudah tayang di VRITIMES