BerandaBUDAYAFestival Jumpa Museum Hikayat Kota Darussalam Meningkatkan Budaya Palembang

Festival Jumpa Museum Hikayat Kota Darussalam Meningkatkan Budaya Palembang

Palembang, Nakulanewsnews.id – Diskusi Budaya Dan Festival Jumpa Museum Hikayat Kota Darussalam Dilaksanakan Di Museum Sultan Mahmud Badan II Palembang. Kamis (25/07/2024) 

Dalam kegiatan Diskusi Budaya ini hadir langsung Drs. Fitra Arda. M.Hum Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan RI., Dr. Dr. (c) Wahyu Rizky Andhifani SS. MM selaku peneliti Ahli Muda Pusat Riset Arkeologi Prasejarah dan Sejarah Badan Riset Dan Inovasi Nasional., Nofa Farida Lestari Direktur Eksekutif HH Creative Hub., Dr. Muhammad Idris M.Pd selaku Dosen dan Sejarawan., Ir H.M Affan Prapanca MT. IPM Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang. 

Drs. Fitra Arda, M.Hum Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan RI dalam kesempatan ini mengatakan bahwa, pada hari ini kan jumpa museum. bagaimana kita mengkomunikasikan berbagai koleksi yang ada di museum kepada masyarakat. Caranya gimana salah satunya festival, seperti semalam ada beberapa festival ada kaitan dengan fashion, ada kaitan kuliner, penyanyi dan macam-macam, “Ujarnya.

“Mari menguatkan warisan budaya ini menjadi sesuatu yang kreatif, kita kalau hanya berkenang-kenangan kalah dari masa lalu, kalau hanya memuja masa lalu ya tapi dia harusnya kita gunakan untuk saat ini dan masa depan kayak salah satu caranya adalah bagaimana menggunakan pengetahuan sosial itu untuk masa kini dan masa depan. 

“Jadi kalau hanya bercerita masa lalu hanya untuk masa lalunya itu tidak ada apa-apanya, tetapi itu gunakan masa setelah ke depan itu akan menjadi sesuatu yang positif misalnya, bagaimana kekuatan jamu untuk kecantikan, makanan untuk kesehatan, ” Pungkasnya.

Ir. H.M Affan Prapanca MT. IPM Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang juga menambahkan, jadi untuk hari ini ada festival museum lengkap mulai dari kemarin tanggal 24 dan 25 Juli 2024 jadi selama 2 hari. 

“Dimana tujuannya kita dalam rangka mengembangkan, mengoptimalkan dan membudidayakan kebudayaan, yang kita lakukan adalah kita berkolaborasi dengan dewan kesenian, dengan kegiatan seni budaya yang ada di kota Palembang. Jadi kita berupaya memberikan motivasi, memberikan fasilitasi agar para-para penggiat atau pun juga seniman-seniman budayawan yang ada di Kota Palembang, “Katanya.

Lanjut Affan Prapanca, maka dari itu Pemerintah hadir disini dalam hal mengoptimalkan memelihara budi luhur kebudayaan. Dan dari kemarin kita telah melaksanakan, ini merupakan rangkaian kegiatan, dan semalam sudah puncak kegiatan kita melaunching Festival yang mana kita ada pentas seni, tarian-tarian ini dilakukan oleh anak-anak disabilitas. Dan disabilitas kemudian kita juga menampilkan perpaduan kolaborasi, ” Tutupnya. (Robi) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img