BerandaTERKINISekcam Baturaja Barat hadiri Program Jemput Bola Dinas Dukcapil OKU di Desa...

Sekcam Baturaja Barat hadiri Program Jemput Bola Dinas Dukcapil OKU di Desa Pusar.

Nakula baturaja – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) terus berinovasi untuk mempercepat proses pembuatan KTP Elektronik (e-KTP) dengan meluncurkan program “jemput bola”.

Pada hari ini Selasa (20/08.2024)  bertempat di Desa Pusar dilaksanakan Program jemput bola dari dinas dukcapil OKU, acara ini dihadiri oleh camat Baturaja Barat yang di wakili oleh sekcam, bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Pusar, ketika di wawancarai awak media sekcam Baturaja Barat Mahromi, SE yang didampingi oleh Zainal Arifin, SE kasi Pemerintahan Kecamatan Baturaja Barat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bpk Pj Bupati OKU, H. Teddy Meilwansyah, atas program Disdukcapil Kab. OKU, dengan program ini sangat membantu warga Desa Pusar dalam melengkapi dokumen kependudukan.

Kepala Disdukcapil OKU, A. Suryadi, SE., MM, menyatakan bahwa inovasi ini diterapkan untuk membantu warga yang belum sama sekali memiliki data administrasi kependudukan, baik KK maupun e-KTP.
“Targetnya adalah menjangkau seluruh desa di Kabupaten OKU,” imbuhnya.
Selain perekaman dan pencetakan KTP, layanan ini juga mencakup pencetakan akta kelahiran, akta kematian, dan kartu keluarga di tempat.
“Kami juga membantu warga dalam aktivasi identitas kependudukan digital (IKD),” ungkap Suryadi.

 

Program ini pertama kali diuji coba di Desa Gedung Pekuon, Kecamatan Lengkiti. Tujuan utama dari inovasi ini adalah untuk mempermudah masyarakat agar tidak perlu pergi jauh ke Kota Baturaja hanya untuk mencetak dokumen kependudukan, yang sering kali dianggap mahal dan merepotkan. “Padahal ini mudah, tidak sulit, dan gratis,” pungkas Suryadi.
Andri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img