BerandaBUDAYAPartisipasi SMAPA dalam Parade Karnaval HUT RI ke-79 Kecamatan Pamotan

Partisipasi SMAPA dalam Parade Karnaval HUT RI ke-79 Kecamatan Pamotan

nakulanews.id _ Rembang || Pamotan Minggu, (25/08/2024), Sekolah Menengah Atas Negeri Pamotan (SMAPA) turut memeriahkan parade karnaval dalam rangka HUT RI ke-79 di Kecamatan Pamotan. Partisipasi SMAPA mendapat sambutan meriah dari masyarakat setempat, dengan penampilan yang penuh kreativitas dan semangat kebersamaan.

Mengusung tema *”Lestarikan Budaya Bangsa dalam Merajut Nusantara,”* SMAPA berhasil memukau ribuan penonton yang memadati rute karnaval, berbagai atraksi mulai dari parade tari tradisional yang diiringi musik modern, hingga busana khas dari berbagai daerah seperti Papua, Suku Dayak Kalimantan, Jawa, Sumatra, dan Bali ditampilkan secara apik. Kehadiran unsur-unsur budaya dari berbagai penjuru Nusantara tersebut menambah kekayaan karnaval, sekaligus menjadi simbol persatuan dan keberagaman Indonesia.

Menurut (Cahyo Purnomo, S.Pd), selaku koordinator karnaval dari SMAPA, partisipasi dalam karnaval ini bukan hanya tentang menampilkan busana adat, tetapi juga menyampaikan pesan-pesan penting melalui berbagai kostum profesi. “Kami ingin menanamkan nilai persatuan, persaudaraan, dan kebhinekaan kepada masyarakat, terutama kepada para siswa, karnaval ini bukan sekadar hiburan, tetapi juga wadah untuk menyampaikan pesan moral dan sosial,” ujar Cahyo.

Selain pakaian adat, SMAPA juga menampilkan beragam kostum profesi, mulai dari olahraga bela diri dengan spanduk bertuliskan “Mens Sana In Corpore Sano” yang berarti menjaga persatuan dan persaudaraan, hingga kostum dokter dan perawat dengan slogan “Siap Melayani dan Mengabdi untuk Kesehatan Masyarakat.” Ada juga kostum petani dengan pesan “Ketahanan Pangan: Siap Bertani demi Kemakmuran Negeri.” Beragam profesi lainnya juga diperagakan oleh siswa SMAPA, yang mencerminkan visi sekolah dalam menciptakan lulusan berkualitas yang bermanfaat bagi masyarakat di masa depan.

Kreativitas dan komitmen yang ditunjukkan SMAPA dalam karnaval tahun ini tak hanya menjadi hiburan, tetapi juga inspirasi bagi seluruh masyarakat untuk terus menjaga kebudayaan, persatuan, dan kebhinekaan Indonesia.

Parade ini sukses menjadi bukti nyata bagaimana semangat kebangsaan dan cinta tanah air dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk ekspresi budaya dan profesi. (Aji/Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img