BerandaTERKINILaunching Aplikasi Perencanaan Pembangunan Desa Berbasis Indeks Desa Membangun Menuju Desa Mandiri

Launching Aplikasi Perencanaan Pembangunan Desa Berbasis Indeks Desa Membangun Menuju Desa Mandiri

Banyuasin, Nakulanews.id – Launching Aplikasi Perencanaan Pembangunan Desa Berbasis Indeks Desa Mandiri Serta Penyaluran Bantuan Pangan Dan Gerakan Pangan Murah Di Alun-alun Desa Merah Mata Kecamatan Banyuasin 1. Rabu (28/08/2024) 

Dalam kegiatan ini dihadiri langsung oleh Muhamad Farid S.STP.,M.Si Pj Bupati Banyuasin., Kepala Dinas Koperindag-UKM., Kepala Dinas Kesehatan., Kepala Dinas DPMPTSP., Kepala Dinas DTPH., Kepala Dinas Sosial., Kepala Desa Merah Mata Seftian S.IP., dan semua tamu undangan. 

Muhammad Farid S.STP.,M.Si Pj Bupati Kabupaten Banyuasin menyampaikan, Alhamdulillah hari ini kita sudah melaunching aplikasi yang sungguh luar biasa bermanfaat desa. Di mana aplikasi ini lebih ringan, lebih mudah dan lebih familiar dengan masyarakat desa. 

“Karena aplikasi ini khusus dibuat untuk memudahkan para stakeholders yang ada, ingin mengetahui potensi-potensi atau perencanaan pembangunan desa unggulannya. Sehingga dengan adanya aplikasi ini membantu, mungkin ada investor dan juga ada stakeholders yang ingin membangun desanya melihat potensi desa dan juga perencanaan unggulan desa, sehingga tertarik ingin membangun desa,” Katanya.

Lanjutnya, tadi pak kades sudah menyampaikan rencana ingin membuat balai desa alun-alun gapura, ada lapangan bola dan sebagainya, ini merupakan potensi yang ada ini kalau misalnya ada stakeholder atau investor yang melirik ini akan luar biasa, tetapi untuk mereka melirik dan melihat ke dalam desa itu apa, maka inilah salah satu aplikasi yang memudahkan seluruh stakeholder dan para investor ingin mengintervensi pembangunan di desa di seluruh Kabupaten Banyuasin. Insyaallah ini bermanfaat dan sangat memudahkan seluruh lapisan masyarakat dan seluruh yang ada di Kabupaten Banyuasin membangun seluruh desa di Kabupaten Banyuasin. 

Bahrum Rangkuti S.STP., M.Si Camat Banyuasin 1 dalam hal ini juga mengatakan, kami hadir untuk launching aplikasi yang terkait dengan perencanaan pembangunan desa, jadi itu bisa menjadi peralatan alat yang digunakan bagi perangkat desa dalam upaya merencanakan pembangunan yang tentunya lebih terarah, lebih baik. Dengan ini harapannya tentunya perangkat ini dipergunakan, jadi kita sudah punya alat kerja atau aplikasi jadi harus berguna. 

Seftian.S.IP Kepala Desa Merah Mata juga menambahkan bahwa, kegiatan kita pada hari ini adalah kegiatan kolaboratif antara opd yang ada di kabupaten Banyuasin. Dan alhamdulillah acara berjalan lancar. Dan tanggapan untuk alun-alun dari pihak pemerintah dan Pj Bupati sendiri tadi baik.

“Karena potensi yang ada bukan hanya dari sisi pertanian atau kegiatan UMKM dan juga kegiatan sarana prasarana masyarakat tetapi khususnya kaulah muda. Jadi memang saya berkewajiban untuk menyampaikan kepada pihak opd yang terkait. Alhamdulillah sekarang momentum yang pas untuk saya menyampaikan potensi-potensi dan program jangka panjang yang akan dilaksanakan khususnya di desa Merah Mata, salah satunya alun-alun desa Merah Mata yang akan menjadi icon tersendiri,” Pungkas Seftian. 

Insyaallah di Kabupaten Banyuasin secara konsep desain gambar dan rapinya sudah ada tinggal permasalahannya kembali ke anggaran dan kita selaku pemerintah desa untuk hal yang positif harus kita usahakan dan kita upayakan agar supaya bisa terlaksana kelihatan baik ini peruntukan untuk masyarakat di desa. 

Kami sangat senang dengan kegiatan hari ini yang cukup luar biasa dan kami berharap setiap tahun bisa menjadi agenda dari Pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti ini di Desa Merah Mata Kecamatan Banyuasin 1,” Tutupnya.  

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img