BerandaTERKINIDemi Kwalitas Proyek,Dinas PUPR Samosir Lakukan Pengujian Hammer Test Pada Proyek Rabat...

Demi Kwalitas Proyek,Dinas PUPR Samosir Lakukan Pengujian Hammer Test Pada Proyek Rabat Beton di Sianjur Mula-mula

Samosir- Pemerintah Kabupaten Samosir Melalui Dinas PUPR Kabupaten Samosir Saat Ini Melaksanakan Pekerjaan Pembangunan Ruas Jalan dari Simpang SMA Negeri Sianjur Mula-mula Menuju Desa Sikkam yang di Kerjakan Oleh Rekanan Kontraktor CV PUTRA NATAMA ENGINEERING.

Salah satu Kegiatan Segmen tersebut Melakukan Pembangunan Jalan Rabat Beton sepanjang 500 meter ,Lebar 4 ,Tebal 0.2

di Jalan Sosor Nakka Desa Habeahan Napurahan dan Sudah Selesai dikerjakan oleh Pihak Rekanan Kontraktor CV PUTRA NATAMA ENGINEERING .

Kepala Dinas PUPR Samosir Rudimantho Limbong SHUT MM Mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir yang dipimpin Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST Terus berupa Meningkatkan Pembangunan infrastruktur jalan di Setiap Kecamatan Yang ada di wilayah kabupaten Samosir,salah satunya di Kecamatan Sianjur Mula-mula, Pembangunan pelebaran Jalan menuju standar ruas Jalan ini dilakukan Pemerintah adalah Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat.

 

Rudimantho Limbong SHUT MM Menambahkan bahwa Ia selaku Kepala Dinas PUPR Samosir Akan Tegas Mengatakan kepada Pihak Rekanan Kontraktor, Supaya Pekerjaan yang dilakukan Harus Punya Kwalitas serta bermutu dan Tahan Lama, sesuai dengan aturan yang berlaku, dan

Ketika Pihak Rekanan Kontraktor akan Mengajukan permohonan progres capaian pekerjaan yang akan diajukan untuk pencairan termin oleh Penyedia Jasa, Harus terlebih dahulu dilakukan pemeriksaaan lapangan, diperoleh hasil persentase volume item pekerjaan yang dimohonkan pada pekerjaan

 

 

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Samosir Rudimantho Limbong SHUT MM yang didampingi PPTK Berlin Simbolon, Pengawas Lapangan Holmes Sihotang bersama Konsultan : Sopian Tamba dan Pihak Rekanan Kontraktor CV PUTRA NATAMA ENGINEERING pada Rabu 25 September 2024 Melakukan Pengujian Hammer Test Pada Proyek Pembangunan Rabat Beton yang sudah selesai DiKerjakan Oleh Pihak Rekanan Kontraktor CV PUTRA NATAMA ENGINEERING.

 

Kegiatan Pengujian Hammer Test ini adalah Non Destructive Test (NDT) Untuk proses mendeteksi kualitas tanpa merusak material atau tanpa mengubah sifat sebenarnya. Rebound Hammer termasuk ke dalam jajaran pengujian NDT, terutama untuk pengujian NDT pada beton.

 

Rebound Hammer juga disebut sebagai Schmidt hammer atau Swiss Hammer atau hammer test. Metode NDT ini digunakan untuk mendeteksi kekuatan Beton Slab atau batuan, dengan mengidentifikasi sifat kekerasan atau elastisitasnya,Ujar Rudimantho Limbong.

Sementara itu PPTK Pada Pelaksanaan Proyek Pembangunan Ruas Jalan SP SMA Negeri Sianjur Mula-mula – Desa Sikkam : Berlin Simbolon Menambahkan bahwa Metode hammer test didasarkan pada prinsip bahwa pantulan massa elastis tergantung pada kekerasan permukaan beton yang menjadi target hantaman alat tersebut.

Pengoperasian hammer test ditunjukkan pada gambar berikut. Ketika pendorong hammer test ditekan ke permukaan beton, massa yang dikendalikan pegas di palu akan memantul. Besarnya pantulan massa tergantung pada kekerasan permukaan beton.

 

Dengan demikian, kekerasan beton dan pembacaan hammer test dapat dikorelasikan dengan kuat tekan beton. Nilai rebound dibacakan sepanjang skala lulus dan ditetapkan sebagai nomor rebound atau indeks rebound. Kuat tekan dapat dibaca langsung dari grafik yang disediakan pada badan palu.

 

Hammer Test ini Untuk menentukan kuat tekan beton dengan menghubungkan indeks pantul dan kuat tekan.

Untuk menilai keseragaman beton.

Untuk menilai kualitas beton berdasarkan spesifikasi standar.

Untuk menghubungkan satu elemen beton dengan yang lain dalam hal kualitas.

Metode hammer test dapat digunakan untuk membedakan bagian struktur yang dapat diterima dan dipertanyakan atau untuk membandingkan dua struktur berbeda berdasarkan kekuatannya, ucapnya.

Sementara itu,Holmes Sihotang Selaku Pengawas Lapangan dari Dinas PUTR Samosir Terus berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan pengawasan Pada Pelaksanaan Pekerjaan Pembangunan Penanganan Ruas Jalan SP SMA Negeri Sianjur Mula-mula – Sikkam Nomor SPK:620/06/KTR/DAK BM DISPUTR/VI2024.Tanggal 27 Juni 2024

 

Nilai Kontrak: 8.913.500.000.00,.

 

Penyedia Jasa: CV PUTRA NATAMA ENGINEERING

 

Masa Pekerjaan: 180 Hari Kalender.

 

Sumber Dana : Dak Ta 2024.

 

Konsultan : PT.Konsulindo Citra Ernala.

 

Akan Tetap mengedepankan kualitas dalam setiap pengerjaan fisiknya, Karena Pada Pelaksanaan Pembangunan jangan main-main dalam mengelolah dana anggaran negara, sekarang ini tidak bisa kita kucing-kucingan lagi, masyarakat sudah pintar dan masyarakat berhak menegur dan mengawal setiap kegiatan yang menyangkut dengan dana anggaran negara,Maka Kami hari ini 25/09/2024 dari Dinas PUPR Samosir Melakukan Pengujian Hammer Test Pada Proyek Pembangunan Ruas Jalan Rabat Beton Sepanjang 500 Meter lebar 4 Meter , ketebalan 20cm yang terletak di jalan Lintas umum dari desa Habeahan Napurahan ke dusun Sosor Nakka Menuju Desa Sikkam

Holmes Sihotang Menjelaskan Bahwa Model alat rebound hammer yang populer digunakan saat ini,Sesuai Standar Nasional Indonesia SNI ASTM C805:2012 Metode uji angka pantul beton keras arti dan kegunaan dari metode pengujian tanpa merusak ini adalah:

 

Dapat digunakan untuk menilai keseragaman beton di lapangan

Dapat digunakan untuk memperkirakan kekuatan beton

Untuk campuran beton yang diketahui, metode yang digunakan untuk memperoleh permukaan bidang uji (tipe bahan cetakan dan tipe penyelesaian akhir/finishing), dan kedalaman karbonasi.

Pengujian harus dilakukan dengan palu pantul yang sama apabila hendak membandingkan hasil.

Jika digunakan lebih dari satu palu pantul, pengujian dilakukan pada sejumlah permukaan beton tipikal sehingga dapat digunakan untuk menentukan besarnya perbedaan angka pantul..

Metode uji ini tidak dapat digunakan sebagai dasar penerimaan atau penolakan beton karena ketidakpastian yang tersirat dalam perkiraan kekuatan

 

Dengan Prinsip kerja Concrete Hammer adalah dengan memberikan beban impact (tumbukan) pada permukaan beton dengan menggunakan suatu massa yang diaktifkan dengan menggunakan energy yang besarnya tertentu.

 

Karena timbul tumbukan antara massa tersebut dengan permukaan beton, massa tersebut akan dipantulkan kembali. Jarak pantulan massa yang terukur memberikan indikasi kekerasan permukaan beton. Kekerasan beton dapat memberikan

indikasi kuat tekannya, Jelasnya.

 

PPK Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Samosir Ronatal Sinaga ST Mengaku bahwa Pihaknya mengevaluasi maupun Menguji Hasil kinerja proyek Pembangunan Penanganan Ruas Jalan SP SMA Negeri Sianjur Mula-mula – Sikkam

Serta Melakukan Analisis mendalam terhadap data yang tersedia untuk mengidentifikasi tren kinerja, mengukur keberhasilan, dan memberikan rekomendasi untuk optimalisasi pelaksanaan proyek di masa pekerjaan nya

 

Proyek Pembangunan Penanganan Ruas Jalan SP SMA Negeri Sianjur Mula-mula – Sikkam saat ini harus menunjukkan kinerja yang baik. Dengan mempertahankan kinerja yang positif dan menerapkan rekomendasi yang telah disampaikan Kepada Pihak Rekanan Kontraktor CV PUTRA NATAMA ENGINEERING, proyek ini harus diselesaikan dengan tepat waktu, sesuai anggaran, dan dengan kualitas yang tinggi,

Karena Sesuai Petunjuk dari Kepala Dinas PUPR Samosir Rudimantho Limbong SHUT MM, Semua Pekerjaan Pembangunan di kabupaten Samosir ini harus Punya Kwalitas, Punya Mutu Sesuai Aturan yang berlaku dan layak di pertanggungjawabkan Kepada semua Pihak , apalagi Kepada Masyarakat luas.dan Dinas PUPR Samosir Tidak Akan Melakukan Pembayaran sepeserpun kepada Pihak Rekanan Kontraktor,jika Kwalitas Pekerjaan nya tidak sesuai dengan kontrak kerja, Tegasnya.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img