BerandaBUDAYAMusrembang Kaledupa, Pemda Wakatobi Terima 173 Usulan

Musrembang Kaledupa, Pemda Wakatobi Terima 173 Usulan

WAKATOBI – Pemda Wakatobi menerima sebanyak 173 usulan pada Musrembang tingkat Kecamatan Kaledupa dan Kaledupa Selatan dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Wakatobi tahun 2025 yang bertempat di aula Kecamatan Kaledupa pada Jumat (03/02).

 

Pada musrembang kali ini, Kecamatan Kaledupa memberikan sebanyak 74 Usulan dengan rincian, Desa Ambeua Raya dengan Jumlah usulan 1, Desa Balasuna 3 usulan, Desa Balasuna Selatan 6 Usulan, Horuo 8 Usulan, Desa Kalimas 1 Usulan, Desa Lewuto 2 usulan, Desa Mantigola Makmur 1 Usulan, Desa Olo 7 usulan, Desa Olo Selatan 7 usulan, Desa sama bahari 7 usulan, Desa Sombano 4 usulan, Desa Waduri 2 usulan, Kelurahan Ambeua 5 Usulan, Kelurahan Buranga 6 Usulan, Kelurahan Lagiwae 10 Usulan, Kelurahan Laolia 4 usulan.

 

Untuk Kecamatan Kaledupa Selatan, diketahui total usulan sebanyak 99 usulan dengan rincian, Desa Darawa 7 Usulan, Kasuwari 11 Usulan, Desa Langge 7 Usulan, Desa Lentea 2 Usulan, Kemudian Desa Pajam 11 usulan, Desa Peropa 8 usulan, Desa Sandi 7 Usulan, Desa Tampara 27 usulan, Desa Tanjung 7 usulan, Desa Tanomeha 12 usulan dan terlah termuat dalam SIPD.

 

Dalam sambutannya, Camat Kaledupa Saefudin Sae menerangkan jika musrembang tahun ini, agak berbeda dengan Musrembang awal tahun 2023 lalu, dimana rata-rata saat Musrembang tingkat Dusun dan Desa, keluhan masyarakat ialah listrik 24 jam.

 

” Oleh karena itu, saya mewakil masyarakat Pulau Kaledupa, berterima kasih kepada bapak Bupati Wakatobi yang telah memberikan penerangan 24 jam. Bahkan di masyarakat Sombano, sebelum Indonesia Merdeka, baru kali ini mendapatkan penerangan yang luar biasa,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Bupati Wakatobi Haliana menerangkan jika musrembang kali ini dimaknai bahwa, Pemda telah melaksanakan perencanaan secara maksimal, namun dengan adanya keterbatasan maka akan terjadi kekurangan, sehingga pihaknya berharap adanya kontribusi pemikiran dan usulan masyarakat secara luas.

 

” Maka ini akan memperbaiki perencanaan kami untuk menuju kesempurnaan perencanaan, dan pada kali ini juga saya mewakili Pemda Wakatobi menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, terutama masyarakat Kaledupa dan Kaledupa Selatan yang saya Banggakan atas sumbangan pembangunan daerah yang telah dilakukan selama ini,” terangnya.

 

Haliana juga membenarkan jika, pengusulan tahun 2022 memprioritaskan pembangunan lampu 24 jam, sehingga dengan doa dari semua kalangan, listrik 24 jam telah diresmikan pada bulan September 2023.

 

” Alhamdulillah juga menjelang berakhirnya tahun 2023 kita juga melaksanakan Peresmian untuk Desa Sombano, dan untuk dua Desa lagi, 2024 yang telah direncanakan oleh PLN yaitu Desa Darawa dan Lentea mohon doanya,” tukasnya.

 

Penulis: Zul Pisani 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img