BerandaTERKINIBabinsa Lape Berperan Aktif dalam Penyelesaian Konflik Jalan Usaha Tani Di Desa...

Babinsa Lape Berperan Aktif dalam Penyelesaian Konflik Jalan Usaha Tani Di Desa Binaanya

NTB – Sumbawa – Lape, Sertu Thomas Dos Santos yang merupakan Babinsa Desa Lape Koramil 1607-06/Lape melaksanakan kegiatan rapat di aula Kantor Camat Kecamatan Lape. Kegiatan rapat ini membahas tentang jalan usaha tani yang berada di Dusun Untir Malang dan Dusun Bahagia kecamatan Lape Kabupaten Sumbawa, Jumat (03/05/2024).

 

Saat dikonfirmasi oleh Pendim Sumbawa, Babinsa menerangkan bahwa dalam rapat tersebut, hadir beberapa tokoh penting, antara lain Camat Lape Ibu Elvi Wahyuni SH., Kapolsek Lape Iptu I Gusti Agung Bayu Damana, Sekcam Kecamatan Lape, Bhabinkamtibmas Desa Lape Aipda Hasan, Pak Joko selaku pimpinan PT. Ngali Sumbawa Mining (NSM), Drs. Johar Arifin, Abdul Manaf, Abdullah, serta warga masyarakat Desa Lape.

Babinsa menjelaskan Kegiatan rapat ini membahas tentang jalan usaha tani yang menuju PT. Ngali Sumbawa Mining, terutama jembatan yang mengarah ke lokasi PT. Batu Mangan. Jembatan tersebut tidak diterima oleh warga masyarakat yang memiliki sawah di hilir, terutama kelompok tani P3a Semarap Jaya. Kelompok tani ini beralasan bahwa pondasi jembatan yang dibangun oleh PT. Batu Mangan sangat tinggi sehingga tidak memungkinkan bagi saluran irigasi untuk dilalui oleh air irigasi. Oleh karena itu, kelompok tani Semarap Jaya meminta agar jalan/jembatan yang dibuat oleh PT. Ngali Sumbawa Mining dieksekusi.

 

Kesepakatan telah dicapai antara pihak PT. dan kelompok tani yang berada di sekitar jalan usaha tani agar jalan tersebut diperlebar sesuai kesepakatan yang sudah pernah diputuskan. Sesuai kesepakatan dari pihak kelompok tani kepada pihak PT. Batu Mangan, jalan usaha tani akan diperlebar setelah panen. Pengelola jalan usaha tani dan pihak PT. Batu Mangan diharapkan dapat bekerja sama dengan baik dan mencari solusi sehingga tidak ada pihak yang saling merugikan. 

Tuntutan dari kelompok tani kepada PT. Batu Mangan juga sudah diterima dengan baik oleh pimpinan PT. Batu Mangan. Masyarakat pun mendukung dan akan bekerja sama dengan baik dengan pihak PT. Ngali Sumbawa Mining. 

 

Sebagai Babinsa, Sertu Thomas Dos Santos  sangat mengapresiasi partisipasi dari semua pihak yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Babinsa berharap bahwa kesepakatan yang sudah dicapai antara pihak PT. Batu Mangan dan kelompok tani yang berada di sekitar jalan usaha tani desa binaanya dapat dilaksanakan dengan baik demi kepentingan bersama.

 

Dalam kapasitasnya sebagai Babinsa, Sertu Thomas akan terus berupaya untuk memberikan kontribusi sebanyak mungkin untuk masyarakat Desa Lape, termasuk dalam hal penyelesaian permasalahan jalan usaha tani, dan berharap semoga kedepannya semuanya dapat berjalan dengan aman dan kondusif sesuai harapan bersama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img