BerandaTERKINISelaras Dengan Visi Misi Madrasah , MAN 2 Kota Tasikmalaya Ciptakan Siswa...

Selaras Dengan Visi Misi Madrasah , MAN 2 Kota Tasikmalaya Ciptakan Siswa Berakhlakul Karimah Yang Berwawasan Lingkungan

Nakulanews.id | Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa barat – Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Tasikmalaya merupakan salah satu madrasah setingkat menengah atas berbasis keagamaan yang di bina oleh Kementrian Agama Republik Indonesia .

MAN 2 Kota Tasikmalaya ini memilki Visi dan Misi mencetak generasi peserta didik yang Berakhlak mulia, Cerdas, Berprestasi dan Berwawasan lingkungan, sehingga dengan kolaborasi visi misi ini mampu melahirkan peserta didik dan lulusan yang tangguh bisa bersinergi sesuai perkembangan jaman memberi manfaat dan maslahat bagi diri peserta didik, bagi lingkungan agama, sosial dan kehidupannya kelak di masyarakat.

Kendati demikian , visi MAN 2 Kota Tasikmalaya yaitu:

Berakhlak mulia , Cerdas , Berprestasi dan Berwawasan lingkungan .

Misi :

1. Meningkatkan Nilai keimanan dan ketaqwaan peserta didik melalui kegiatan pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

2. Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan dan memotivasi peserta didik berprestasi, disiplin, jujur, kreatif, kritis, kompetitif, dan bertanggung jawab.

3. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan religius melalui berbagai kegiatan keagamaan dan pembiasaan di Madrasah.

4. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki melalui kegiatan intra dan ekstrakurikuler.

5. Meningkatkan layanan pendidikan melalui meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan.

6. Menyelenggarakan manajemen tata kelola dengan prinsip kemandirian, partisipasi, kemitraan, transparansi, dan akuntabilitas.

7. Membangun dan mengembangkan komitmen dalam melestarikan lingkungan hidup.

” Madrasah Aliyah berbasis lingkungan atau Adiwiyata yang di wujudkan dengan visi madrasah yang mana diantaranya kecerdasan siswa , meskipun kemampuan siswa berbeda beda tapi tetap visi madrasah untuk mencerdaskan , sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional ” . Ucap H. Eka Mulyana, S.Ag., M.Pd.I selaku Kepala Madrasah MAN 2 Kota Tasikmalaya saat di temui wartawan . Jumat ( 07/06/2024).

Lebih lanjut , sambung dia , yang kedua yaitu berprestasi , yang mana maksud visi ini selain kecerdasan yang di olah itu harus membuahkan prestasi secara akademik maupun non akademik . Yang mana ketika kecerdasan dan beprestasi sudah terwujud maka akan unggul dan bersaing dengan madrasah yang lain .

Adapun tujuan dari madrasah berbudaya lingkungan ini , guna meningkatkan kesadaran siswa dalam menjaga lingkungan serta menjadi budaya yang mesti dilestarikan secara terus-menerus agar siswa dapat menularkan manfaat baik di lingkungan sosial, madrasah ataupun masyarakat.

Selain itu ia juga mengatakan ” Harapan besar kami seluruh warga madrasah termasuk siswa dan siswi bisa menularkan manfaat positifnya diluar lingkungan madrasah. Sekaligus bisa menjadi nilai tambah bagi madrasah kami, bahwa nanti lulusan MAN 2 Kota Tasikmalaya tidak hanya cerdas di akademik melainkan menjadi lulusan yang berahlakul karimah ,baik di lingkungan masyarakat maupun sosial,” harapnya. (Ilham Rachman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img