BerandaTERKINIBudaya Jawa Tradisional Yang Selalu Melelat Di Hati Masyarakat

Budaya Jawa Tradisional Yang Selalu Melelat Di Hati Masyarakat

Sukoharjo – Paguyuban karawitan langgeng laras Melestarikan seni budaya jawa yang di adakan di desa nguter kecamatan nguter, desa nguter.(20/2/2024)

Sukatman s. Sos mm. Sebagai kepala kecamatan nguter menyampaikan diadakan nya acara sebagai launching paguyuban karawitan langgeng laras karena ini semua bentuk partisipasi masyarakat untuk melestarikan seni dan budaya jawa dengan tujuan agar bisa menghasilakan harapan harapan yang baru, yaitu salah satunya paguyuban langgeng laras berupaya bisa melestarian seni budaya khususnya di desa nguter kecamatan nguter. Sehingga langgengnya seni budaya jawa yang ada di Nusantara ini khususnya di kecamatan nguter dan ada beberapa perangkat alat seni budaya yang ada seperti gamelan yang bisa di manfaatkan kembali oleh ibu ibu dan para remaja, dan khususnya untuk semua warga kecamatan ngutar yang akan melestarikan seni budaya jawa yang elok dan bisa di nikmati masyarakat yang bisa meresap ke hati. Untuk itu berharap kepada pemerintah agar seni budaya jawa yang ada di daerah khususnya di kecamatan nguter agar terus bisa di lestarikan dan di kembangkan, dan ada berberapa desa yang ada di kecamatan nguter belum mempunyai perangkat alat seni budaya jawa seperti perangakat alat gamelan dan lain lain nya. Sehingga dengan lengkapnya perangkat alat seni budaya di kecamatan nguter lebih bisa untuk ngembangkan seni budaya jawa, apa yang menjadi harapan masyarakat akan bisa menjadi harapan bersama dan seni budaya jawa akan tetap di hati masyarakat.

Berkaitan dengan seni budaya sebenernya sudah merakyat dari jaman dahulu tetapi dengan kurun waktu seni budaya hampir hilang, dan pada saat akhir akhir ini pemerhati seni budaya persaudaraan Seniman sukoharjo (PERSOJO) untuk menghidupkan kembali khususnya yang ada di kecamatan nguter salah satunya karawitan gamelan jawa ternyata masih banyak masyarakat jawa yang suka dengan karawitan gamelan jawa, nilai seni yang sangat adi luhung bisa menjadikan pemersatu bangsa dan di kenal oleh manca negara di seluruh dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img