BerandaBUDAYAPerdana, MTQ dan FSQ di Wakatobi Manfaatkan Alun-alun Merdeka

Perdana, MTQ dan FSQ di Wakatobi Manfaatkan Alun-alun Merdeka

WAKATOBI – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendukung pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wakatobi untuk menjadi destinasi wisata unggulan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Kawasan wisata wakatobi telah ditetapkan sebagai salah satu KSPN Prioritas atau 10 “Bali Baru”.

 

Penataan Alun-alun Merdeka merupakan salah satu pembangunan yang dilakukan untuk mendukung KSPN di Wakatobi, dan kini bangunan tersebut untuk pertama kalinya dimanfaatkan untuk kepentingan publik, yakni untuk kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XV dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke VIII tingkat Kabupaten Wakatobi.

 

Ketua Panitia kegiatan Nadar menerangkan jika kegiatan hari ini sangat istimewa, pasalnya pelaksanaan kegiatan pembukaan MTQ dan FSQ merupakan tempat yang luar biasa dan untuk pertama kalinya, alun-alun merdeka wangi-wangi dimanfaatkan untuk pelaksanaan kegiatan.

 

Tentu lanjut Nadar, jika dalam kegiatan pembukaan bakal dilantunkan pembacaan ayat Al-Qur’an, serta lantunan Al-Qur’an juga bakal diselenggarakan pada kegiatan MTQ dan FSQ, sehingga diharapkan lokasi tempat kegiatan dirahmati oleh Tuhan yang maha esa.

 

Kemudian, kegiatan MTQ dan FSQ bakal digelar selama 6 hari yang telah dimulai pada Rabu (28/2) dan sampai pada Senin (4/3) nanti, dimana dalam rangkaian MTQ dan FSQ pada Rabu (28/2) telah dilakukan pawai ta’aruf yang diikuti peserta dan sangat meriah.

 

” Kemudian untuk lomba, yang diikuti oleh kontingen atau kafilah dari delapan kecamatan yang diperkirakan mencapai lebih dari 400 orang, dan cabang lomba ada 19 untuk MTQ dan 6 cabang untuk FSQ,” tukas sekda Wakatobi ini.

 

Senada, Bupati Wakatobi H Haliana SE mengucapkan syukur, terlebih tahun 2024 ini tengah dilaksanakan kegiatan MTQ dan FSQ berskala besar dengan pertama kalinya memanfaatkan alun-alun lapangan merdeka.

 

” Walaupun bapak ibu sekalian, hari ini kita belum memanfaatkan secara maksimal, karena saat ini kondisi status lapangan merdeka atau alun-alun merdeka ini masih dalam masa perawatan, insya Allah bulan lima ada acara penyerahan secara penuh kepada Pemda dan insya Allah akan dimanfaatkan secara maksimal juga oleh seluruh masyarakat kabupaten Wakatobi,” ujarnya.

 

Sehingga, Orang nomor satu Wakatobi ini mengharapkan agar seluruh elemen masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga, merawat dan memelihara bangunan ini, serta diharapkan ini dapat memberikan manfaat dan kebanggaan terhadap icon di Wakatobi untuk jangka waktu yang lama.

 

Amatan media ini, Pembukaan MTQ dan FSQ ini secara resmi dibuka oleh Bupati Wakatobi Haliana SE dan dengan menabuh gendang bersama Forkopimda tanda, kegiatan siap disukseskan.

 

Penulis: Zul Pisani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img