BerandaBISNISBazar Ramadhan: Pemberdayaan Sosial melalui Pembinaan Kewirausahaan untuk Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan...

Bazar Ramadhan: Pemberdayaan Sosial melalui Pembinaan Kewirausahaan untuk Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dan Warga Sekitar

Palembang, Nakulanews.id – Sentra Budi Perkasa di Palembang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Sosial yang memberikan pelayanan langsung terhadap para PPKS yang terdiri dari 4 kluster yaitu Anak, Lansia, Disablitas dan Korban Bencana dan Kedaruratan. Selasa (12/03/2024). 

Pendekatan pelayanan terdiri dari berbasis keluarga, komunitas maupun residensial. Dengan tujuh komponen layanan Asistensi dan Rehabilitasi Sosial (Atensi) meliputi dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak; perawatan sosial dan/atau pengasuhan anak; dukungan keluarga; terapi fisik, terapi psikososial dan terapi mental spiritual; pelatihan vokasional dan/atau pembinaan kewirausahaan; bantuan sosial dan asistensi sosial; dan dukungan aksesibilitas.

Adapun wilayah kerja Sentra Budi Perkasa di Palembang sesuai Keputusan Menteri Sosial Nomor 29/HUK/2024 meliputi Kota Palembang, Kab. Banyuasin, Kab. Musi Banyuasin, Kab. Musi Rawas, Kab. Musi Rawas Utara, Kab. Empat Lawang, Kab. Pagar Alam, Kab. Ogan Komering Ulu dan Kab. Batanghari Provinsi Jambi.

Sebagai upaya pemberdayaan sosial melalui pembinaan kewirausahaan, pada kesempatan Ramadhan tahun ini, Sentra Budi Perkasa Palembang menyelenggarakan 

Bazar Ramadhan yang digelar di akses jalan masuk menuju Sentra mulai tanggal 12 Maret – 15 April 2024 dari mulai pukul 15.00 – 19.00 WIB.

Basar tersebut diikuti oleh pada PPKS Residensial, Keluarga maupun Komunitas baik yang sedang mengikuti pelayanan maupun telah selesai mengikuti pelayanan, disamping itu kami juga memberikan kesempatan kepada warga sekitar Sentra yang akan turut serta. Hal tersebut mendapat dukungan penuh dari Ketua RT setempat serta dari pengurus Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Wilayah Sumatera Selatan.

Bagi masyarakat Kota Palembang wilayah sekitar Sentra silahkan datang, ramaikan dan belanja kebutuhan Ramadhan dibazar tersebut yang menawarkan berbagai makanan : Sayur Matang, Ayam geprek, Burgo, Aneka Ikan goreng, Laksan, Celimpungan, Pecel. Minuman : Es Cendol, Es Mangga Saga, Es Buah Naga. Snack: Peyek Kacang, Kurma, Kue Kojo, Aneka gorengan, cireng, kentang mustofa, aneka pempek. Handycraft : Baju, dompet, tas , tempat tisu, sandal. Teknologi pangan : Sayuran hidroponik, ikan siap goreng (lele, gurame patin ) yang dikembangkan melalui pelatihan vokasional mix farming Sentra Budi Perkasa Palembang.

Ibu Hikmah Meliana Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Wilayah Sumatera Selatan juga menyampaikan bahwa, 

Bazar Ramadhan ini kegiatan dari Sentra Budi Perkasa punya Kementerian Sosial. Dan di dalam kegiatan bazar Ramadhan ini saya ikut andil karena saya ketua organisasi HWDI, dan ada beberapa anggota dari HWDI yang ikut berpartisipasi juga dalam bazar Ramadhan ini. 

Kami juga menyediakan makanan seperti cireng, sambal kentang Mustofa, ada bakso dan bermacam-macam makanan dan minuman,selain makanan dan minuman juga kita menyediakan seperti pembersih lantai, pencuci piring, dertergan ini produk kami sendiri.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Sentra Budi Perkasa yang sudah mengadakan kegiatan bazar Ramadhan, dan kami sangat terbantu dan sangat senang karena baru tahun inilah ada Bazar Ramadhan. Semoga di tahun-tahun kedepannya tetap seperti ini dan lebih meningkat. (Nopi) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img