BerandaTERKINIDPP Forum ASMEN Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Indonesia Raya

DPP Forum ASMEN Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Indonesia Raya

NakulaNews.id || Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Forum Asistensi Media Nasional atau ASMEN menggelar Pelatihan Jurnalistik untuk Indonesia Raya ditingkat Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi DKI dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM bagi wartawan dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya.

Pelatihan jurnalistik tersebut diikuti 30 peserta perwakilan ASMEN Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) se-provinsi DKI Jakarta.

Acara berlangsung selama enam jam di Kantor Operasional Asmen di Jalan Kemang Raya, Jati Cempaka, Pondokgede, Kota Bekasi di mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 15.30, WIB, Sabtu 27 April 2024.

Kegiatan pembukaan pelatihan dibuka secara resmi oleh Suparman, S.Pd.i., M.M selaku Dewan Pembina DPP Forum ASMEN.

foto: (berdiri) Dewan Pembina Suparman, S.Pd.i., M.M

Mengusung tema “Pelatihan Jurnalistik Untuk Indonesia Raya”.

“Kami tentunya mengapresiasi acara pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh DPP Forum ASMEN untuk meningkatkan kapasitas dan SDM bagi wartawan yang lebih profesional,” katanya.

Suparman menambahkan, agar pelatihan ini dapat menjadi input sehingga penulisan berita betul-betul sesuai dengan aturan penulisan berita yang baik dan benar.

“Saya berharap agar Diklat ini dapat menambah wawasan dan keilmuan khususnya bagi wartawan yang dibawah naungan ASMEN, sehingga dapat meningkatkan semangat serta sumber daya manusia di pelatihan ini,” kata Suparman.

Sementara itu, Waketum Asmen, Syamsul Huda menjelaskan sejarah singkat Forum AsMEN. Asmen, kata dia merupaka rumah bagi sejumlah media massa.

Disisi lain, Syamsul Huda berharap melalui pelatihan tentunya ini insan calon wartawan bisa belajar menulis berita, sekaligus mengelola media online.

“meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM sebagai wartawan,” katanya.

Adapun pemateri yang mengisi materi Pelatihan, mereka adalah M. Hatta Tahir Pemimpin redaksi media ceritanews, Pemimpin umum Media Inpopedia sekaligus Kadiv Litbang AsMEN dan Ari Kusumadi Susila tokoh jurnalis warga media analisnews dan selebritinews.

Materi pertama disampaikan oleh M. Hatta Tahir topik materi Dasar-dasar jurnalistik. Sedangkan Ari Kusumadi Susila menyampaikan materi tentang tehnis penerbitan berita/publishing .

Menurut Hatta Jurnalistik merupakan kegiatan mengolah dan menyebarkan informasi kepada masyarakat luas. Pada konsep Jurnalistik harus memiliki nilai berita dimata sosial masyarakat. Penulisan berita juga harus sesuai dengan fakta dan akurat, tidak dibuat-buat.

Sebelum pemberitaan, seorang Jurnalis harus lebih dahulu membuat reportase berita. Reportase sendiri merupakan proses pengumpulan data yang digunakan oleh jurnalis untuk menuliskan berita. Teknik-teknik reportase yang umum digunakan oleh Jurnalis diantaranya adalah observasi, wawancara, dan riset data.

Teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan prinsip 5W+1H (What, Who, When, Where, Why and How), dengan teknik tersebut Jurnalis akan mudah dalam mendapatkan data dan menulis hasil reportasenya,” papar Hatta.

“Dalam melakukan reportase penulisan informasi, terlepas dari kaidah seorang Jurnalis sendiri kita itu jangan sampai melupakan yang namanya 5W + 1 H, yang penting juga sumber dan narasumbernya harus jelas, dapat dipertanggungjawabkan dan berimbang” ujar Hatta.

Selain itu, Hatta juga mengatakan bahwa pelatihan ini adalah dasar untuk mereka yang ingin memahami lebih dalam tentang dunia Jurnalistik.

“Materi Ini hanya tentang dasar untuk memahami dan mengenal tentang Jurnalistik. saya berharap sering membaca untuk mengatur planning apa yang harus dilakukan dalam peliputan, sehingga tulisan yang keluar nanti benar-benar menjadi tulisan yang berbobot dan bermutu” harap Hatta

Materi kedua merupakan materi tentang tehnis penerbitan berita/publishing, Menurut Ari Kusumadi Susila, ada 3 poin utama yang harus diperhatikan oleh seorang editor disaat publish berita, yaitu ; memahami IT dan website, tehnik penerbitan gambar, cara menyunting berita dan memahami akun websitenya,” jelas Ari.

Lebih lanjut Ari memaparkan dan memberikan praktek langsung kepada peserta Diklat, bagaimana cara penerbitan berita yang baik dan benar, sehingga berita yang kita publish benar-benar daya tarik peminat pembaca semakin banyak,” pungkasnya.

Tanggapan salah seorang peserta pelatihan yang juga wartawan yang tergabung dalam Forum AsMEN, Putra menyampaikan,“ acaranya cukup seru dan keilmuannya sangat bermanfaat bagi kami sebagai wartawan, agar bisa lebih memahami tentang materi dasar-dasar jurnalistik dan juga penulisan beritanya baik dan benar,” tandasnya. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img