BerandaTERKINIBabinsa Labuhan Bajo Berikan Himbauan kepada Nelayan untuk Menghindari Ilegal Fishing

Babinsa Labuhan Bajo Berikan Himbauan kepada Nelayan untuk Menghindari Ilegal Fishing

NTB – Sumbawa – Utan, Monitor wilayah binaan adalah tugas rutin yang dilakukan oleh seorang Babinsa, Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa situasi di desa selalu aman dan tertib. seperti halnya yang dilakukan oleh salah satu anggota Koramil 1607-09/Utan yaitu Serka Agussalim saat mendatangi desa binaannya yang berada di desa Labuhan Bajo kecamatan Utan kabupaten Sumbawa. Minggu (19/05/2024)

 

Kali ini babinsa sambangi warga binaannya yang merupakan para Nelayan di Desa Labuhan Bajo. Babinsa menghimbau untuk tidak melakukan kegiatan ilegal fishing yang dapat merusak terumbu karang, biota laut, dan species laut lainnya. 

Babinsa memberikan beberapa himbauan kepada para nelayan diantaranya melarang penggunaan alat tangkap berupa Pukat/Trail, bom ikan, dan racun ikan. Selain itu, Babinsa juga mengajak para nelayan untuk bekerja sama dengan cara melaporkan apabila mendapati kegiatan ilegal fishing di laut.

 

Dampak dari kegiatan ilegal fishing tidak hanya berdampak pada keberadaan biota laut, namun juga bisa merusak ekosistem laut yang berujung pada kerusakan pada sumber penghidupan masyarakat setempat. Oleh karena itu, peran Babinsa dalam memberikan himbauan kepada para nelayan menjadi sangat penting dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Selain memberikan himbauan kepada para nelayan untuk tidak melakukan kegiatan ilegal fishing, Babinsa juga berperan dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian laut dan lingkungan. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat memahami betapa pentingnya menjaga ekosistem laut dan menghindari praktik-praktik yang merusak lingkungan laut. 

 

Hal ini tentu saja akan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan hidup masyarakat setempat. Selain itu, babinsa juga memberikan bimbingan dan arahan terhadap masyarakat setempat untuk mengembangkan sumber daya laut dengan cara yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Sehingga, masyarakat dapat memanfaatkan sumber daya laut sekaligus menjaga kelestarian laut bagi generasi yang akan datang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img