BerandaBUDAYASMPN 2 Harian Raih Juara 1 Lomba Tari Kreasi di Ajang FLSA2N...

SMPN 2 Harian Raih Juara 1 Lomba Tari Kreasi di Ajang FLSA2N Tingkat Kabupaten Samosir

Samosir — Sejumlah Siswa SMP Se-Kabupaten Samosir turut serta mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional(FLSA2N). Dalam beberapa cabang lomba Menyanyi Solo, Tari Kreasi, Kreativitas Musik Tradisional, Ansambel Campuran, Ilustrasi dan cabang lomba pantomim yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Samosir, pada Jumat, 7 Juni 2024.

 

Kadis Pendidikan Kabupaten Samosir, Jhonson Gultom, melalui sekretaris Dinas Pendidikan, mengumumkan acara resmi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Komplek Perkantoran Parbaba, kecamatan Pangururan. Acara ini, yang dilaksanakan pada Jumat 7 Juni 2024, merupakan bagian dari program pemerintah pusat yang mendukung sistem pendidikan nasional.

 

FLS2N bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang seni yang berakar pada budaya bangsa. Kadis Pendidikan menyatakan bahwa kegiatan ini juga akan memberikan pengalaman berkompetisi dan mencapai sumber daya manusia yang unggul di bidang seni. Selain itu, FLS2N diharapkan membantu menumbuhkan etos berkesenian dan mencapai prestasi tinggi di kancah nasional maupun internasional.

 

Lomba-lomba yang dilaksanakan meliputi tari kreasi, menyanyi solo, asambel campuran, kreativitas musik tradisional, pantomim, dan ilustrasi. Dewan juri penilai terdiri dari guru SMA/SMK/SMAK di Kabupaten Samosir Perri Sagala, S.Pd, M.Su, Marlita Simbolon, S.Pd,Formen Gultom Spd.

dan penggemar seni yang memiliki keahlian dalam bidangnya.

 

Kadis Dikpora Samosir Jhonson Gultom Spd juga berharap bahwa kegiatan FLS2N tingkat SD dan SMP dapat mendukung kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Samosir. Keberhasilan para siswa/i yang meraih prestasi di FLS2N tidak hanya menghargai nama Kabupaten Samosir tetapi juga membuat rasa bangga bagi orang tua dan guru pendidik.

 

 

Dari hasil lomba yang dilaksanakan, juri di setiap cabang lomba telah mengumumkan peserta yang meraih juara serta asal sekolah mereka. Sekolah yang diwakili siswanya meraih prestasi Maupun siswa/i yang memenangkan pertandingan tersebut sebagai yakni :

Lomba Menyanyi Solo:

Juara 1 Wendy Steven Brando Banjarnahor dari SMP Negeri 1 Nainggolan.

Juara 2 Sherent Armelita SMP swasta RK Bintang Samosir dan

Juara 3 Gogo Van Hansel dari SMP Swasta Budi Mulia.

 

 

Untuk Lomba Tari kreasi juara 1 Claudia Togatorop, Lin Claudia Sihotang, dan Yoselin Sinaga SMP Negeri 2 Harian.

Juara 2 Roito Silalahi, Enola Sagala, dan Ramona Naibaho SMP Negeri 1 Pangururan. Juara 3. Refrika Jouito Rosita Sinurat, Helcia Danawu Nainggolan, dan Theresia Sigalingging dari SMP Negeri 2 Pangururan.

 

Sedangkan untuk Lomba Kreativitas Musik Tradisional

Juara 1 Jhontriel Sinaga, zona Maicle Hutabalian, Samuel Sihotang, Daniel Valentino Sitanggang, dan Arnol Frans Habel Gultom dari SMP Negeri 1 Nainggolan.

Juara 2 Yel Gebrin Marulitua Sihotang, Rafael Sihotang, Arjuna Simbolon, Rohit S.M. Sihotang, Daniel Yopin Sinaga dari SMP Negeri 2 Harian.

Juara 3 Rifky Parhaw Sihotang, Herianto Imanuel Saragih, Jason Bona Oktavian Naibaho, Marchel Parasian Nainggolan, dan Abet Candra dari Malau SMP 2 Pangururan.

 

 

Kemudian untuk Lomba Ansambel Campuran juara 1 Dirga Pratama Sinaga, Raihok Daniel Silalahi, dan Cisely Elriene Rouli Haloho dari SMP Negeri 1 Pangururan.

Juara 2 Abigel Bryan Geraldo Nadeak, Rikardo Tambunan, dan Dani Situmorang dari SMP Swasta RK Bintang Samosir.

Juara 3 Raimond D.J Saragih, Evaldo Silvi Situmorang, dan Yose Alfaro Silaban dari SMP Negeri 1 Nainggolan.

 

 

Selanjutnya untuk Lomba Ilustrasi

Juara 1 Tiara Simbolon dari SMP Negeri 1 Palipi,

Juara 2 Siegel Simbolon dari SMP Negeri 1 Pangururan,

Juara 3 Mehana Sagala dari SMP Negeri 1 Sianjur Mula mula.

 

Sementara untuk Lomba Pantomim

Juara 1 Affandi Azhar Tambunan dan Dipa Tupa Doy Manulang dari SMP Negeri 1 Pangururan.

Juara 2 Alekcia Patrita Sagala dan Jelita Melina Sagala daru SMP Negeri 1 Sianjur Mula Mula.

Juara 3 Ridho Obadiah Sidabutar dan Rafael Manik SMP dari Negeri 3 Pangururan.

Kompetisi kemenangan dari SMP ini berhasil membawa pulang piala, piagam dan sejumlah uang pada even yang diselenggarakan di SMP 3 Pangururan kabupaten Samosir..

 

Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Samosir, Ronal Sinaga merasa bangga kepada siswa yang berprestasi,Para peserta FLS2N ini membawa nama baik sekolah, membawa nama baik diri, dan membawa nama baik orang tua.

Ronal Sinaga Juga berpesan agar tidak selalu merasa berpuas diri dengan apa yang telah di raih dan jadikan momen ini sebagai semangat dan motivasi kita menuju ke tahap selanjutnya.

“Tetap berlatih dengan adanya kegiatan ini supaya dapat berprestasi di tingkat lokal maupun nasional, bahkan internasional”, Ujar nya.

 

Sementara itu,Kepala SMPN 2 Harian Eybarda Simbolon Mengungkapkan rasa syukur dan bahagia atas prestasi yang telah dicapai oleh siswa-siswi Claudia Togatorop, Lin Claudia Sihotang, dan Yoselin Sinaga yang Telah meraih,dan begitu juga kepada Gebrin Marulitua Sihotang, Rafael Sihotang, Arjuna Simbolon, Rohit S.M. Sihotang, Daniel Yopin Sinaga yang telah berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi, Dan Juara 2 Lomba Kreasi Musik Tradisional.

Eybarda tak Luput mengucapkan terima kasih kepada para pelatih KONDAR SIMBOLON S.Pd

,RENDO SITUMORANG,ITEN ROSALINA SIHOTANG, S.Ag yang senantiasa selalu melatih dan mendampingi siswa/I selama ini.untuk bisa tampil ke tingkat kabupaten Samosir, ujarnya.

Eybarda Simbolon yang sudah sering mengikuti Kegiatan FLS2N menambahkan bahwa Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) adalah salah satu program kegiatan pengembangan prestasi yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan pengalaman berkompetisi untuk mencapai SDM yang unggul di bidang seni serta meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang seni yang berakar pada budaya bangsa.

Kegiatan FLS2N ini juga dapat dijadikan sebagai Penguatan Pendidikan Karakter bagi peserta didik yang bertujuan agar mempunyai kompetensi tinggi, baik hardskills maupun softskills. Penguasaan kompetensi di bidang lomba bisa menjadi bekal dalam bidang jasa yang produktif dan bernilai ekonomi. Latihan dan olah seni dapat menumbuhkan kreativitas dan ekspresi yang kuat bagi peserta didik.

Dengan olah seni kehalusan rasa dan harmonisasi antara wacana dan fakta diasah menjadi suatu kreativitas yang memperkuat kecakapan peserta didik dalam kepekaan, kepedulian dan toleransi.

Melalui FLS2N diharapkan mampu menguatkan karakter dan kepribadian peserta didik, tidak hanya termotivasi untuk maju dan percaya diri tetapi menjadi pribadi yang santun, ramah, tegas dan berbudi pekerti luhur, ucapnya.

 

Ditempat yang sama, Bertua Sihotang salah Satu Orang Tua dari Juara 1 Lomba Tari Kreasi Iin Claudia Sihotang,juga merasa bangga atas prestasi Putrinya yang telah mengharumkan nama baik Sekolah SMP 2 Harian,bisa meraih Juara 1 ditingkat Kabupaten Samosir ini,Namun Itu semua tak Luput dari Hasil Karya Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Harian Eybarda Simbolon Bersama Pelatih :KONDAR SIMBOLON S.PdzRENDO SITUMORANG,ITEN ROSALINA SIHOTANG, S.Ag yang telah berjuang sepenuh hati melatih, Membimbing,membina peserta tari kreasi,Ucapnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img