BerandaTERKINIDinas PUTR Samosir Cepat Tepat Tangani Tanah Longsor Di Jalinsum Menara Pandang...

Dinas PUTR Samosir Cepat Tepat Tangani Tanah Longsor Di Jalinsum Menara Pandang Tele Menuju Desa Sosor Dolok

Samosir-Kepala Dinas PUTR Samosir Rudimantho Limbong S,Hut,MM langsung Turun Kelokasi Longsor dijalan Lintas Umum di Desa Sosor Dolok untuk Melakukan Penanganan longsor yang terjadi hari minggu sore 16 Juni 2024.

Tindakan ini merupakan langkah proaktif dalam upaya menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas di wilayah ini, Apalagi Askes jalan ini salah satu Jalan Lintas umum menuju Objek Wisata Air Terjun Efrata desa Sosor Dolok ,dan juga menuju Objek Wisata Bukit Sibeabea, Objek Wisata Bukit Holbung Sipege ,ujar Rudimantho.

 

Selanjutnya pada senin 17 Juni 2024 ,Kepala Dinas PUTR Samosir Rudimantho Limbong S,hut, MM bersama Kepala UPTD Peralatan Dinas PUTR Samosir Ronatal Sinaga ST, Kordinator Lapangan UPTD Peralatan PUTR Samosir Binhot Sitanggang dan didampingi

Camat Harian P.Hartopo MH.Manik SSTP,Kepala Desa Sosor Dolok Robongsu Limbong.Babinsa Koramil 04/HB Kopka WR Siboro, Bhabinkamtibmas Polsek harian Brigadir Johan Preddy Sinurat dan masyarakat Desa Sosor Dolok Kecamatan Harian Melanjutkan Penanganan Tanah Longsor tersebut, yang dimulai dari jam 08.30 dan akhirnya dapat menembus tumpukan material sekitar jam 13.00 wib.

Kepala Dinas PUTR Samosir Rudimantho Limbong S,Hut,MM mengungkapkan peran Pemerintah Kabupaten Samosir yang Dipimpin Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST dalam upaya penanganan daerah rawan bencana di wilayah kabupaten Samosir

“Tentu saja secara struktur kewenangan berada di BPBD Samosir,namun demikian PUTR Samosir selaku dinas teknis senantiasa memberikan dukungan terutama terkait potensi kerawanan bencana di sepanjang jalan maupun daerah aliran sungai dan irigasi,”ucapnya.

 

Dalam upaya antisipatif, beberapa langkah antisipatif yang dilakukan diantaranya yaitu pihaknya memberikan peringatan kepada masyarakat luas untuk senantiasa berhati-hati ketika akan melewati daerah rawan bencana khususnya bencana tanah longsor, seperti yang terjadi saat ini di Jalan Lintas umum dari Desa Sosor Dolok Menuju Menara Pandang Tele, tegas nya.

 

Kepala Desa Sosor Dolok Robongsu Limbong Sangat Mengapresiasi Dinas PUTR Kabupaten Samosir yang langsung Tanggap untuk melakukan penanganan tanah longsor yang menutupi badan jalan dari Menara Pandang Menuju Objek Wisata Air Terjun Efrata , sehingga masyarakat pengguna jalan ini bisa melintasi jalan ini , terutama para wisatawan yang datang dari berbagai luar kota untuk Menikmati Panorama Keindahan Alam Objek Wisata Air Terjun Efrata yang berada di Desa Sosor Dolok Kecamatan Harian, apalagi hari ini 17/06/2024 adalah hari Raya idul adha, Sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah ini,ujarnya.

 

Camat Harian P.Hartopo Manik SSTP mengatakan Sangat berterimakasih kepada Dinas PUTR Kabupaten Samosir yang sudah turun langsung membersihkan badan jalan lintas umum yang tertimbun tanah longsor dari lereng gunung di desa Sosor Dolok, Setelah sepanjang hari dilakukan pembersihan dengan menggunakan Alat Berat,Sehingga pengguna jalan bisa melintasi jalan tersebut, dari Menara Pandang Tele Menuju Desa Sosor Dolok , ujarnya.

P.Hartopo MH.Manik SSTP juga menyampaikan pesan Masyarakat luas, khususnya masyarakat desa Sosor dolok,dan mengingatkan agar warga senantiasa waspada terhadap segala ancaman bencana alam dalam musim hujan seperti sekarang ini.

“ Hartopo Manik Selaku Pimpinan Pemerintah Kecamatan Harian menghimbau agar warga apabila ada kejadian di wilayahnya agar segera melapor dengan cepat dengan harapan dapat segera di tangani dengan cepat.”ucapnya.

 

Sekretaris Kecamatan Harian Kanur Situmorang S.Kom tak Luput Mengucapkan terima kasih kepada pihak Dinas PUTR Samosir ,Babinsa , Bhabinkamtibmas dan seluruh masyarakat yang telah membantu dalam kelancaran lalu lintas maupun proses pembersihan, berkat kerja sama yang dilakukan pada hari Senin 17/06/2024,tanah longsor di desa Sosor Dolok yang menghalangi jalan pun bisa di tangani dengan cepat ”Ucapnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Daerah (UPTD) Peralatan Dinas PUTR Samosir Ronatal Sinaga ST bersama anggotanya Langsung bergerak cepat, Untuk melakukan pembersihan timbunan tanah longsor yang melanda Jalinsum dari Objek Wisata Menara Pandang Tele Menuju Objek Wisata Air Terjun Efrata Desa Sosor Dolok Kecamatan Harian,yang terjadi pada Minggu sore 16/06/2024,dan mengakibatkan kendaraan roda dua dan empat tidak bisa melewati jalan itu.

“Karena badan jalan tertimbun material longsor sehingga jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat,Selain tanah longsor juga beberapa pohon besar yang tumbang ikut menutup akses jalan tersebut.

Namun Setelah Kami Melakukan Pembersihan material longsor tersebut dengan menggunakan Alat Berat pada senin 17/06/2024 pukul 08.30 wib hingga selesai,kini kondisi jalan lintas umum dari Desa Sosor Dolok menuju Menara Pandang Tele sudah bisa di lalui pengguna jalan,ujar Ronatal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img