BerandaTERKINIAksara Ulu Identitas Pas Menjadi Mulok (Muatan Lokal) Di Sumatera Selatan

Aksara Ulu Identitas Pas Menjadi Mulok (Muatan Lokal) Di Sumatera Selatan

Palembang, Nakulanews.id – Perkumpulan pecinta Aksara Ulu (PAU), Sumatera Selatan (Sumsel) merupakan organisasi yang bergerak di bidang pelestarian budaya tulis masa lalu Sumatera Selatan. Kamis (01/08/2024) 

Beragam kegiatan yang telah dilaksanakan oleh PAU Sumsel dalam melestarikan Aksara Ulu Sumatera Selatan, salah satu nya adalah pelestarian melalui pembelajaran pelatihan terhadap masyarakat Sumsel (pelajar, mahasiswa, guru, atau masyarakat umum),

Hari senin 29 Juli 2024, Perkumpulan Pecinta Aksara Ulu Sumatera Selatan menggelar kegiatan Workshop Aksara Ulu Goes To School Menuju Muatan Lokal. Kegiatan workshop ini dilaksanakan di kabupaten Lahat, tepatnya di Aula Sekolah Menengah Pertama (SMP) N 1 Unggul Lahat.

Kegiatan Workshop Aksara Ulu Goes To School adalah program kerjasama antara perkumpulan Pecinta Aksara Ulu Sumatera Selatan (PAU Sumsel) bersama Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 

Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kendilbudristek RI), Regional VI Provinsi Sumatera Selatan, dalam program bernama Fasilitasi Pemajuan Kebudayaan (FPK).

Kegiatan Workshop Aksara Ulu Goes To School dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat di wakili oleh Sekretaris dan sekaligus membuka acara tersebut.

Kegiatan Workshop diikuti oleh peserta dari perwakilan siswa SMP dan SMA se Kabupaten Lahat dan Guru pendamping dengan jumlah tujuh puluh peserta.

Kegiatan Workshop ini menghadirkan pemateri Drs. Ahmad Rapanie Igama. M.Si, DR. Wahyu Rizky Andhifani. S.S.M.M. serta Nuzulur Ramadhona. M.Hum.

Kegiatan Worskhop Aksara Ulu Goes To School mengupas tentang Pelestarian Aksara Ulu di bidang pendidikan, Sejarah Perkembangan Aksara Ulu dan Membaca dan menulis Aksara Ulu serta praktek menulis Aksara Ulu di bambu kecil.

Agil Khairul Imam. S. Hum sebagai ketua pelaksana mengungkapkan kegembiraan nya atas terlakasananya kegiatan workhop ini dan melihat antusias siswa/i pelajar SMP dan SMA yang sangat antusias mengikuti workshop ini.

Kemudian Nuzulur Ramadhona. M.Hum, mengucapkan rasa syukur nya bahwa PAU Sumsel diberikan kepercayaan oleh BPK Kemendikbud RI Regional VI Provinsi Sumatera Selatan, untuk mendapatkan program Fasilitasi Pemajuan Kebudayaan, dan harapannya bahwa masyarakat Sumatera Selatan dapat melestarikan Aksara Ulu Sumatera Selatan dengan penuh semangat, sebagai identitas bangsa dan Aksara Ulu bisa masuk ke Sekolah (muatan lokal). (Suriah) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img