BerandaTERKINIEdi Silaban Lantik 24 Pengurus Pemuda Katolik Kota Depok

Edi Silaban Lantik 24 Pengurus Pemuda Katolik Kota Depok

 

Nakulanews.id

Depok – Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kota Depok periode 2024-2027 secara resmi dilantik oleh Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Jawa Barat, Edi Silaban, di Ruang Calathea, Wisma Hijau, Kota Depok. Acara pelantikan ini diawali dengan Orientasi Kepengurusan dilanjutkan dengan prosesi Pelantikan dan diakhiri dengan Misa Syukur, (29/09).

Ketua Pemuda Katolik Komda Jawa Barat, Edi Murdani Sutrisno Silaban, dalam kesempatannya memaparkan bahwa tepat 79 tahun lalu Pemuda Katolik lahir pada 15 November 1945 dengan menampilkan semangat perjuangan untuk menjadi garda depan dalam memajukan kehidupan bangsa yang berakar pada nilai-nilai Kristiani dan kebudayaan Nusantara.

“Nusantara, sebagai identitas bangsa kita, adalah harta yang harus kita jaga. Gerakan kita harus berlandaskan pada prinsip kebhinekaan dan kebudayaan yang kaya, sehingga Kota Depok dapat berkembang menjadi kota yang maju tanpa meninggalkan akar budayanya.” ungkap Edi.

Berdasarkan data, tambah Edi, Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Jawa Barat tahun 2023, provinsi kita berada di angka 51,79, sedikit di bawah ratarata nasional sebesar 52,61. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak aspek yang perlu kita tingkatkan, khususnya dalam hal pendidikan, partisipasi sosial dan politik, serta kesempatan kerja bagi pemuda. Di Kota Depok sendiri, IPP berada pada angka 52,34, lebih tinggi dari rata-rata provinsi,

“Kita masih menghadapi tantangan dalam hal ketimpangan akses terhadap pelatihan keterampilan dan termasuk rendahnya tingkat partisipasi politik pemuda ditengah momen Pilkada. Tantangan ini memerlukan perhatian khusus dan partisipasi aktif Pemuda Katolik agar pemuda di Depok dapat berkembang optimal dan berperan lebih dalam pembangunan kota” katanya.

Pengurus Pemuda Katolik, lanjut Edi, harus siap menjadi jembatan antara gereja dan masyarakat, membawa pesan kedamaian, solidaritas, dan persatuan. Teruslah bergerak, beraksi, dan melayani dengan hati.

Ketua Pemuda Katolik Komcab Kota Depok, Fidelis Laurdyan dalam sambutannya menyampaikan komitmennya untuk berkolaborasi dengan organisasi kepemudaan dan stakeholder di Kota Depok.

“Kami sangat berharap bisa berkolaborasi bersama untuk melawan stigma intoleransi di Depok. Mari kita bersama-sama membangun Depok yang lebih maju,” ujar Fidelis.

Mengusung tema, lanjut Fidelis, Gerakan dan Aksi Membangun Kota Depok yang Berkebudayaan Nusantara menuju Indonesia Maju diharapkan Pemuda Katolik dapat membawa perubahan positif bagi organisasi dan masyarakat.

“Tema ini juga mendorong kader-kader muda Katolik untuk berperan aktif dalam membangun masa depan yang lebih baik. Ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan berjanji akan menjalankan organisasi dengan maksimal kedepan” tutupnya.

Ketua Dewan Pembina Pemuda Katolik Kota Depok, I Made Leo Wiratma juga menyatakan dukungannya terhadap Pemuda Katolik Komcab Depok.

“Saya merasa bahagia melihat wajah-wajah orang muda yang dilantik hari ini. Kami akan selalu mengawal dinamika kegiatan Pemuda Katolik menuju Depok yang maju,” ujar Peneliti Formappi tersebut.

Sementara itu, Penyelenggara Katolik Kemenag Kota Depok, Antonius E. Hasibuan menegaskan bahwa Pemuda Katolik Depok harus mampu melawan stigma intoleransi di Kota Depok dan menjadi garda terdepan dalam membela umat Katolik.

*Orientasi, Pelantikan Pengurus dan Misa Syukur*

Rangkaian acara dimulai dengan Orientasi Kepengurusan yang bertujuan mempersiapkan dan mematangkan pengurus baru periode 2024-2027.

Sesi orientasi turut mengundang narasumber yang kompeten dibidangnya yaitu Ketua Pemuda Katolik Komcab Kota Depok Fidelis Laurdyan Julianto (Sesi 1: Visi-Misi Komcab Kota Depok), Ketua Pemuda Katolik Komda Jawa Barat Edi Murdani Sutrisno Silaban (Sesi 2: Bedah AD/ART Pemuda Katolik).

Hadir juga memberikan penanaman nilai yaitu Fr. Mateus Elbert Bilyandi (Sesi 3: Ajaran Sosial Gereja – Militansi Pengikut Kristus), dan Fr. Vincentius Peter Ardi (Sesi 4: Sukacita Injil – Warta Injil berorganisasi).

Acara ditutup dengan Misa Syukur yang dipimpin oleh Pastor Paroki Matheus Depok, Romo Jimmy Rampengan. Ia berpesan agar Pemuda Katolik Depok semakin kuat dalam berproses bersama gereja demi membangun Kota Depok yang lebih baik.

Pelantikan pengurus berlangsung dalam suasana khidmat, dipimpin oleh Ketua Pemuda Katolik Jawa Barat Edi Silaban serta ditutup dengan berkat perutusan oleh Romo Jimmy kepada para pengurus baru Pemuda Katolik Kota Depok.

Turut hadir Ketua Pemuda Katolik yaitu Boy Fernando (Komcab Kota Bogor) dan Bernardo Julianus (Komcab Kabupaten Bogor), Ketua ISKA Depok Darius Leka, WKRI Paroki se-Dekenat Utara Keuskupan Bogor, jajaran Dewan Pembina Pemuda Katolik Komcab Depok dan FMKI.

Hadir pula OKP lintas iman di Kota Depok diantaranya PC Perisai Depok, PD GPII Kota Depok, dan Pemuda Muhammadiyah Kota Depok, serta dihadiri oleh berbagai tokoh agama, dan masyarakat dari berbagai elemen di Kota Depok.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img