BerandaTERKINIPenanganan Pekerjaan Penanganan Long Segmen Ruas Jalan sideak Toruan -SP Aek natonang...

Penanganan Pekerjaan Penanganan Long Segmen Ruas Jalan sideak Toruan -SP Aek natonang Perlu Ditinjau Ulang

Samosir- Pemerintah Kabupaten Samosir Melalui Dinas PUTR Samosir saat Ini Sedang Melakukan Pembangunan Infrastruktur jalan umum dikecamatan Palipi tepatnya di Desa Sideak, yaitu Pekerjaan Penanganan Long Segmen Ruas Jalan sideak Toruan -SP Aek natonang

Nomor SPK : 620/05/KTR/DAK/BM/DISPUTR/VI/2024.

Tanggal: 19 Juni 2024

Nilai Kontrak: Rp.2.847.132.600.00 ( Dua Milyar Delapan Ratus Empat Puluh Tujuh Ratus Tiga Puluh Dua Ribu Enam Ratus Rupiah)

Penyedia Jasa CV 46

Masa Pekerjaan Pembangunan: 150 Hari Kalender.

 

Pembangunan Infrastruktur Jalan umum dikecamatan Palipi tepatnya di Desa Sideak, Sehingga Jalan raya Tersebut dapat mempermudah transportasi masyarakat, baik di daerah pedesaan maupun perkotaan. Jalan yang baik tentunya memudahkan masyarakat untuk beraktivitas .

 

Namun Sesuai Pantauan Media Online Analisnews group pada Senin 30/09/2024 di Lokasi Pekerjaan Inprastruktur Jalan di Desa Sideak Kecamatan Palipi bahwa kondisi konstruksi tanah dasar nya yang tidak stabil. Oleh karena itu Dinas PUTR Samosir Perlu Melakukan penyelidikan teknis terhadap tanah dasar, agar dapat dilakukan penanganan teknis yang sesuai keadaan kondisi tanah dasar tersebut.

 

Karena Umumnya konstruksi jalan raya memiliki lapisan Lapis Pondasi Agregat Klas A maupun Lapis Pondasi Agregat Klas B. Pelaksanaan lapis pondasi agregat yang tidak padat atau tidak sesuai yang dipersyaratkan akan menyebabkan aspal hotmix di atasnya menjadi bergelombang atau menjadi tidak stabil menahan terhadap beban lalu lintas yang melewatinya.

 

Oleh karena itu diperlukan pemeriksaan kepadatan Lapis Pondasi Agregat sebelum dilakukan pengaspalan menggunakan pengujian kepadatan lapangan dengan alat conus pasir (Sand Cone Test).

Faktor penyebab kerusakan jalan raya satu ini penting diperhatikan.

 

Pihak Rekanan Kontraktor CV 46 Rindoni Siringoringo saat ditemui Analisisnews group di lokasi Pekerjaannya Mengatakan bahwa kondisi tanah dasar di Jalan ini tidak stabil Sehingga ketika Saya Melakukan Pengaspalan Hotmix Kemungkinan besar dapat menyebabkan proyek pengaspalan hotmix cepat rusak,

Karena Lapisan pondasi agregat yang tidak padat atau tidak sesuai dengan ketetapan dapat menyebabkan aspal hotmix menjadi bergelombang,terkelupas,hingga terlihat aspal menjadi pecah-pecah.

 

Rindoni Siringoringo menerangkan bahwa dia sudah empat bulan melakukan Pekerjaan Pemadatan pondasi di jalan ini namun tidak bisa stabil,dia sangat Kawatir jika harus dilanjutkan dengan Pengaspalan Hotmix,Akan Menimbulkan Kerusakan yang sangat patal.

Rindoni Siringo tidak ingin Pekerjaan nya tidak memuaskan bagi kalangan masyarakat umum, khususnya bagi Masyarakat Desa Si Deak Kecamatan Palipi.

 

Pihak Rekanan Kontraktor CV 46 Sangat Mengapresiasi Kehadiran Pers Kelokasi Proyek tersebut serta Partisipasi masyarakat Desa Sideak dalam bentuk pengawasan pembangunan agar kualitas pembangunan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan guna menjamin umur pakai yang sesuai serta jaminan keselamatan bagi seluruh penggunanya. Pembangunan jalan yang berkualitas rendah tidak saja merugikan secara ekonomi,

 

Lebih lanjut,Jika Kualitas aspal jalan yang buruk bisa dicegah dengan Quality Control yang baik dan partisipasi pengawasan masyarakat dimulai saat pekerjaan aspal dimulai seperti pada saat pemilihan material, pencampuran hotmix, cara pemadatan aspal yang benar, dan terutama tanah dasar di bawah permukaan kurang stabil, ujarnya.

 

Lebih lanjut Rindoni Siringoringo Menambahkan bahwa Masyarakat Desa Si Deak Kecamatan Palipi Menginkan proyek pekerjaan jalan tersebut tidak dilakukan Pengaspalan Hotmix melainkan Hanya Rabat Beton.

Rindoni Siringo Berharap Kepada Kepala Dinas PUTR Samosir Rudimantho Limbong SHUT MM, Ronatal Sinaga ST Selaku PPK,Dedi Sinaga Selaku PPTK bersama Konsultan Perencana agar Melakukan Cek Ricehk Kondisi Tekstur tanah yang tidak stabil tersebut, agar bisa di pertimbangkan sebagai Mana Mestinya, ucapnya.

Terpisah, Pj Kepala Desa Sideak saat di Konfirmasi Analisnews group Indonesia Kabupaten Samosir Melalui Telepon Wa nya pada Selasa 1/10/2024 Pukul 08.35 wib Menjelaskan Bahwa Mereka Selaku Pemerintah Desa Sideak bersama Masyarakat nya Sangat Mengagumi Pemerintahan Kabupaten Samosir yang telah Menggarkan Dana Senilai Rp.2.847.132.600.00 ( Dua Milyar Delapan Ratus Empat Puluh Tujuh Ratus Tiga Puluh Dua Ribu Enam Ratus Rupiah) Untuk Penanganan Long Segmen Ruas Jalan sideak Toruan,yang kini Sedang Proses Pekerjaan oleh Pihak Rekanan Kontraktor CV 46 yang pelaksanaannya Saudara Rindoni Siringoringo,

Namun Masyarakat seperti nya tidak setuju jika pembangunan jalan tersebut di Hotmix,karena Selamat ini jalan itu belum pernah ada Perkerasan,dari pemerintah kabupaten Samosir melalui dinas PUTR Samosir bahkan dari dana Desa pun belum pernah ada, Melainkan Jalan yang sekarang ini dikerjakan oleh Pihak Rekanan Kontraktor CV 46 adalah Jalan Kawasan Hutan industri yang di kelola Pihak PT TPL , jalan tersebut hanya di buka oleh Pihak PT TPL sekitar tahun 1993 .

 

Pemerintah Desa Sideak Melalui Kepala Dusun bersama Masyarakat nya yang berjumlah lebih 200 an orang Sudah pernah melakukan rapat bersama bahwa mereka tidak setuju jika pembangunan jalan tersebut di Hotmix, karena jika pembangunan Infrastruktur jalan umum dikecamatan Palipi tepatnya di Desa Sideak dihotmix , Kemungkinan besar jalan nya tidak bisa bertahan Lama melainkan cepat rusak, padahal Pembangunan Infrastruktur jalan yang di Aspal Hotmix adalah kemampuannya untuk memberikan permukaan jalan yang lebih halus dan tahan lama , namun Jika Tekstur tanahnya yang tidak stabil bisa mengakibatkan terjadinya Kerusakan pada badan Jalan , ucapnya.

 

Lebih lanjut, Pj Kades Sideak Menambahkan bahwa dia Selaku Pimpinan pemerintah Desa Sideak bersama Masyarakat nya akan menyurati Dinas PUTR Samosir agar Pekerjaan Pembangunan Ruas Jalan sideak Toruan -SP Aek natonang di tinjau kembali bersama Rekanan Kontraktor CV 46, Konsultan Perencana , Pungkasnya.

 

Media Analisnews group Indonesia Kabupaten Samosir selaku Walet (Wartawan Melekat) Pemerintah Kabupaten Samosir Berharap Sepenuhnya Kepada Dinas PUTR Samosir Agar menyelidiki kondisi dan material yang ada di atas dan di bawah permukaan, menentukan sifat fisik dan kimia material bumi, mengevaluasi stabilitas lereng dan endapan tanah, serta menilai risiko yang ditimbulkan oleh kondisi tapak, desain fondasi, serta, memantau kondisi tapak dan konstruksi pondasi Pelaksanaan Proyek Pembangunan Infrastruktur Ruas jalan Sideak Toruan -SP Aek natonang

Dinas PUTR Samosir Bersama Konsultan Perencana agar Melakukan Penyelidikan Tanah di Lapangan.

Selama fase ini, tanah, batuan, distribusi patahan dan kandungan batuan dasar di dalam tanah yang letaknya ada di bawah lokasi rencana konstruksi perlu diperiksa agar dapat ditentukan sifat teknisnya.

Dengan pengujian Standard Penetration Test (SPT), untuk mendapatkan daya dukung tanah dan properti tanah —pada Pelaksanaan Pekerjaan Penanganan Long Segmen Ruas Jalan sideak Toruan -SP Aek natonang.

Ketika Analisnews group Indonesia Kabupaten Samosir Menginformasikan kepada PPK Dinas PUPR Samosir Ronatal Sinaga ST dan PPTK Dedi Sinaga melalui Messenger Wa pada Selasa 1/10/2024

Mengatakan bahwa dinas PUTR Samosir siap melakukan yang terbaik untuk Pekerjaan Penanganan Long Segmen Ruas Jalan sideak Toruan -SP Aek natonang.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img