Sabtu, November 8, 2025

Buy now

spot_img
Beranda blog

Direktur ToBe Institute: Sudah Saatnya Gelar Pahlawan Nasional Diberikan kepada Soeharto.

0

Jakarta, 8 November 2025 — Direktur Eksekutif ToBe Institute, Mochamad Imamudinussalam S.I.Kom angkat bicara menanggapi gelombang penolakan dari sejumlah organisasi masyarakat sipil terhadap wacana pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada Presiden Soeharto. Menurutnya, pandangan yang menolak penghargaan tersebut perlu ditimbang ulang secara objektif agar tidak terjebak pada penilaian sepihak terhadap sejarah bangsa.

“Kita harus membaca sejarah dengan kepala dingin dan perspektif utuh. Soeharto adalah bagian penting dari perjalanan republik ini, dengan jasa yang nyata dan kontribusi besar terhadap menjaga kedaulatan bangsa dari agresi militer asing dan juga terhadap pembangunan nasional. Menolak pemberian gelar hanya karena menyoroti sisi gelap masa pemerintahannya adalah bentuk penyederhanaan sejarah,” ujar Direktur Eksekutif ToBe Instutute yang biasa disapa Imamuddin di Jakarta, hari ini.

Imamuddin menjelaskan bahwa konteks kepemimpinan Soeharto tidak bisa dilepaskan dari situasi geopolitik yang penuh ancaman pada masa itu. Indonesia baru saja keluar dari konflik ideologis dan menghadapi risiko disintegrasi nasional. Pasca kemerdekaan Soeharto yang juga dekat dengan Jenderal Sudirman mempertahankan wilayah Yogyakarta, memimpin operasi penumpasan komunis G30S/PKI, dan keberhasilan Supersemar. Kebijakan-kebijakan yang dianggap keras harus dilihat dalam bingkai keamanan negara, bukan semata dari kacamata masa kini yang damai.

“Kita tidak bisa menulis ulang sejarah dengan menghapus kontribusi yang terbukti mengangkat Indonesia dari krisis menuju stabilitas. Soeharto juga dekat dengan jenderal Sudirman, ditugaskan mempertahankan Yogyakarta dari agresi. Apalagi beliau adalah Presiden kedua RI” tegasnya.

“Program seperti swasembada pangan, pembangunan infrastruktur desa, teknologi, peningkatan kesejahteraan petani, hingga kebijakan ekonomi yang pro-rakyat. Kita tidak boleh menutup mata,” jelasnya.

Ia juga menepis anggapan bahwa pemberian gelar pahlawan merupakan bentuk pemutihan sejarah atau legitimasi politik. Menurutnya, penghargaan kenegaraan tidak berarti menghapus kritik, melainkan mengakui kontribusi luar biasa seseorang terhadap bangsa dan negara.

“Gelar pahlawan merupakan pengakuan atas jasa besar yang telah memberi arah bagi perjalanan Indonesia. Kalau standar penilaian kita adalah kesempurnaan moral, maka tak seorang pun akan layak disebut pahlawan,” kata Imam.

Lebih jauh, ia mengingatkan bahwa mekanisme pemberian gelar Pahlawan Nasional sudah diatur dengan ketat, sudah ada tim, melalui proses verifikasi dan pertimbangan Dewan Gelar serta Kementerian Sosial. Karena itu, tudingan bahwa prosesnya tertutup atau sarat kepentingan politik dinilai tidak berdasar.

“Usulan Soeharto menjadi pahlawan nasional itu sudah berkali-kali diusulkan, tahun 2008, 2010, 2015, dan 2016. Dan sebagian besar suara DPR dan para tokoh juga setuju. Jadi mau apalagi” ujarnya menegaskan.

Di akhir pernyataannya, Imamuddin menekankan pentingnya melihat sejarah secara adil, bukan emosional.”Bangsa besar adalah bangsa yang berani berdamai dengan masa lalunya secara utuh,” tutup M. Imamuddinussalam, Direktur Eksekutif ToBe Institute.

BRI Finance Buka Kesempatan Kerja Hingga 500 Orang di Tahun 2026

0

Jakarta, 5 November 2025 – Sebagai bagian dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT BRI Multifinance Indonesia (“BRI Finance”) terus memperkuat perannya sebagai penyedia solusi pembiayaan yang inovatif dan kredibel di Tanah Air. Dalam rangka ekspansi bisnis dan transformasi layanan yang lebih luas, BRI Finance menargetkan untuk membuka kesempatan kerja bagi hingga 500 tenaga profesional baru di tahun 2026.

Langkah ini menjadi bagian dari komitmen BRI Finance untuk memperluas jangkauan bisnis di seluruh Indonesia sekaligus menciptakan lapangan kerja berkualitas bagi generasi muda Indonesia. Di tahap awal, pada pertengahan kuartal I tahun 2025, BRI Finance telah membuka lowongan kerja untuk posisi Relationship Manager (RM) Konsumer dan Relationship Manager (RM) Komersial.

Didirikan pada tahun 1983 dengan nama PT Sari Usaha Leasing melalui kerja sama The Sanwa Bank Limited, Jepang, dan BRI, perusahaan ini telah mengalami berbagai perubahan strategis hingga akhirnya di tahun 2016, seluruh sahamnya diakuisisi oleh BRI dan Yayasan Kesejahteraan Pekerja BRI. Sejak saat itu, BRI Finance resmi menjadi anak perusahaan BRI sepenuhnya. Hingga sekarang BRI Finance telah mengoperasikan 27 kantor cabang dan 13 kantor pemasaran yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Utama BRI Finance, Wahyudi Darmawan, menyampaikan bahwa rencana rekrutmen besar-besaran ini menjadi bagian dari strategi jangka panjang perusahaan untuk memperkuat kapabilitas bisnis dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Sebagai bagian dari BRI Group, kami mendapatkan dukungan penuh untuk mengembangkan bisnis di berbagai daerah. Kami tidak hanya menawarkan pekerjaan, tetapi juga kesempatan untuk tumbuh, belajar, dan berkontribusi dalam industri pembiayaan nasional. Kesejahteraan serta pengembangan insan BRILiaN BRI Finance adalah prioritas kami,” jelas Wahyudi.

Berikut informasi terkait pendaftaran lowongan kerja Relationship Manager (RM) di BRI Finance. Kualifikasi minimal yang harus dimiliki oleh pendaftar:

Pendidikan Min. D3/sederajat dari semua jurusan (lebih diutamakan Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Perbankan).

Usia maks. 30 Tahun.

Fresh graduate atau minimal memiliki pengalaman 1 tahun dibidang marketing.

Berpenampilan menarik dan memiliki komunikasi yang baik.

Aktif membangun relasi dan menyukai tantangan.

Memiliki daya analisa yang kuat dan memahami Ms. Office.

Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah unit kerja BRI Finance.

Berkelakuan Baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Mampu mengendarai kendaraan bermotor (Dengan dibuktikan SIM C/A).

Lowongan terbuka saat ini untuk posisi:

1. Relationship Manager (RM) Konsumer

Tugas dan Tanggung Jawab Utama :

Melakukan kegiatan pemasaran untuk pembiayaan kendaraan bermotor (new car/used car/ motorcycle) dan fasilitas dana (refinancing).

Melakukan survei untuk menganalisis kelayakan/kemampuan/reputasi calon debitur berdasarkan kondisi finansial, bisnis dan aspek 5C.

Lokasi Penempatan : Seluruh unit kerja BRI Finance Seluruh Indonesia

2. Relationship Manager (RM) Komersial

Tugas dan Tanggung Jawab Utama :

Melakukan kegiatan pemasaran untuk pembiayaan Truck dan Alat Berat.

Melakukan survei untuk menganalisis kelayakan/kemampuan/reputasi calon debitur berdasarkan kondisi finansial, bisnis dan aspek 5C.

Lokasi Penempatan : Seluruh unit kerja BRI Finance Seluruh Indonesia

Lebih lanjut, calon pelamar dapat mengunjungi laman resmi BRI Finance :

1. Untuk calon pelamar Relationship manager (RM) Konsumer

https://jobs.talentics.id/bri-finance/relationship-manager?hide=other-opportunities

2. Untuk calon pelamar Relationship manager (RM) Komersial

https://jobs.talentics.id/bri-finance/relationship-manager-komersial?hide=other-opportunities

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Pengguna LRT Jabodebek Naik 13,5% di Bulan Oktober 2025, Capai 2,7 Juta Orang

0

LRT Jabodebek mencatatkan kinerja gemilang di bulan Oktober 2025 dengan melayani 2.779.904 pengguna, meningkat 13,5% dibandingkan bulan sebelumnya. KAI mengoperasikan 11.251 perjalanan dengan tingkat ketepatan waktu mencapai 99,86%. Rata-rata jumlah pengguna harian mencapai 89.674 orang, dengan pengguna pada hari kerja mencapai rata-rata 105.056 orang.

Bekasi, 5 November 2025 – LRT Jabodebek kembali mencatatkan kinerja gemilang. Sepanjang Oktober 2025, layanan transportasi publik berbasis rel modern ini telah melayani 2.779.904 pengguna, meningkat 13,5 persen dibandingkan dengan bulan September. Kenaikan ini menegaskan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap LRT Jabodebek sebagai “Transportasi Cerdas, Mobilitas Tanpa Batas.”

Selama periode tersebut, KAI mengoperasikan 11.251 perjalanan dengan tingkat ketepatan waktu (On Time Performance/OTP) mencapai 99,86 persen. Capaian ini menjadi bukti nyata komitmen LRT Jabodebek dalam menjaga keandalan, keamanan, dan kenyamanan layanan bagi masyarakat.

Rata-rata jumlah pengguna harian mencapai 89.674 orang per hari. Pada hari kerja, angka ini meningkat menjadi 105.056 pengguna, sementara pada akhir pekan dan hari libur tercatat 45.453 pengguna. Pola ini menunjukkan bahwa LRT Jabodebek semakin menjadi pilihan utama mobilitas masyarakat, baik untuk kebutuhan komuter menuju perkantoran dan pusat pendidikan, maupun untuk aktivitas rekreasi keluarga di akhir pekan.

Executive Vice President LRT Jabodebek, Mochamad Purnomosidi, mengungkapkan apresiasinya atas kepercayaan publik yang terus tumbuh. “Kami sangat berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan masyarakat yang terus mempercayakan perjalanan mereka kepada LRT Jabodebek. Peningkatan jumlah pengguna ini menunjukkan bahwa LRT semakin relevan dalam memenuhi kebutuhan transportasi perkotaan yang cepat, efisien, dan berkelanjutan,” ujar Purnomosidi.

Ia menambahkan, tren positif ini juga didorong oleh semakin kuatnya integrasi LRT Jabodebek dengan moda transportasi lain seperti MRT Jakarta, KRL Commuter Line, Transjakarta, dan Kereta Cepat Whoosh, yang mempermudah konektivitas lintas wilayah Jabodetabek. Selain itu, berbagai agenda besar dan kegiatan masyarakat di Jakarta dan sekitarnya turut berkontribusi terhadap meningkatnya minat masyarakat untuk bepergian menggunakan LRT Jabodebek, terutama pada akhir pekan. “Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan yang andal dan nyaman. LRT Jabodebek bukan sekadar sarana transportasi, tetapi bagian dari gaya hidup masyarakat modern yang efisien, sehat, dan ramah lingkungan,” tambahnya.

Dengan capaian hampir 2,8 juta pengguna, lebih dari 11 ribu perjalanan, serta tingkat ketepatan waktu 99,86 persen, LRT Jabodebek optimistis tren positif ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun. Pencapaian ini mempertegas peran LRT Jabodebek sebagai tulang punggung mobilitas baru di kawasan Jabodetabek yang menghadirkan pengalaman perjalanan yang cepat, aman, dan berkelanjutan.

About LRT Jabodebek

LRT Jabodebek merupakan proyek strategis nasional hasil kolaborasi antara KAI dan pemerintah untuk menghadirkan moda transportasi publik berbasis rel modern yang menghubungkan kawasan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Dengan konsep Transportasi Cerdas, Mobilitas Tanpa Batas, LRT Jabodebek berkomitmen untuk memberikan layanan transportasi yang efisien, ramah lingkungan, serta mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah metropolitan.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Biaya Tak Terduga Saat Lamaran, Apa Saja?

0

Lamaran seharusnya menjadi momen penuh cinta dan harapan. Asalkan dipersiapkan dengan baik. Mulai dari konsep hingga biayanya harus dipikirkan. Banyak pasangan di Indonesia yang kaget melihat total biaya lamaran. Bisa jadi angkanya besar. Padahal belum masuk ke tahap resepsi pernikahan.

Dari persiapan kecil seperti dekorasi bunga hingga konsumsi tamu dan seserahan, anggaran sering kali meleset dari rencana awal. Yuk, bahas kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih tenang menjelang hari penting itu.

Cincin Tunangan: Simbol yang Sering Bikin Kantong Panas

Cincin adalah simbol komitmen. Namun, cincin juga bisa jadi salah satu pengeluaran paling besar di momen lamaran. Banyak orang memulai dari niat sederhana, tapi berakhir di toko perhiasan dengan pilihan yang harganya dua kali lipat dari rencana.

Untuk menghindari hal tersebut, tentukan bujet sejak awal dan sepakati bersama pasangan. Selanjutnya, pilih sesuai bujet di awal. Jangan mudah tergoda untuk memilih cincin yang lebih mahal.

Dekorasi dan Tata Tempat Bisa Jadi Mahal

Lamarannya di rumah belum tentu hemat. Tambahan dekorasi rumah bisa jadi jebakan biaya. Area rumah perlu disulap jadi ruang tamu elegan untuk acara formal, biaya dekorasi bisa mencapai Rp3–10 juta tergantung tema dan vendor.

Tambahkan sewa tenda, kursi, bunga segar, lighting, hingga backdrop foto. Totalnya bisa setara sewa gedung kecil. Jika ingin lebih hemat, kamu bisa memilih konsep minimalis menggunakan bunga kering atau dekor DIY. Namun, dekorasi tetap harus disesuaikan dengan kondisi rumah agar tamu merasa nyaman.

Busana, Makeup, dan Dokumentasi

Lamaran memang bukan resepsi, tapi semua calon pengantin tentu ingin tampil maksimal. Dan di sinilah sering muncul “pengeluaran kecil tapi banyak.”

Berikut kisaran biayanya:

– Makeup & hairdo: Rp500 ribu – Rp1,5 juta

– Busana lamaran (sewa/desain baru): Rp500 ribu – Rp3 juta

– Fotografer/videografer: Rp1 juta – Rp4 juta

Belum termasuk biaya cetak foto, album, atau tambahan shoot pre-event. Sebaiknya, fokus pada dokumentasi digital dan gaya natural. Kamu bisa tampil elegan tanpa harus menyewa seluruh tim profesional jika bujet terbatas.

Seserahan: Cantik di Mata, Berat di Dompet

Tradisi seserahan sering kali menjadi ajang representasi keluarga dan bentuk kasih sayang calon mempelai pria. Tapi di sisi lain, ini juga bisa jadi biaya yang sulit dikontrol.

Biasanya, isi seserahan mencakup:

– Perlengkapan ibadah

– Pakaian dan aksesoris

– Produk kecantikan

– Kue tradisional atau hampers makanan

Total biayanya bisa mencapai Rp3–10 juta, tergantung isi dan kemasan. Belum lagi jika keluarga ingin tampilan seserahan mewah dengan dekorasi box akrilik, bunga, dan pernak-pernik tambahan.

Jika kamu ingin tampil elegan tanpa overbudget, fokuslah pada makna, bukan jumlah. Satu paket seserahan yang rapi dan penuh arti jauh lebih berkesan daripada banyak tapi berlebihan.

Transportasi dan Akomodasi Keluarga

Biaya yang sering terlupakan adalah transportasi dan penginapan keluarga. Apalagi jika lamaran dilakukan lintas kota atau di rumah pihak perempuan yang berbeda daerah.

Mulai dari bensin, sewa mobil, sopir, hingga hotel untuk keluarga besar bisa menambah pengeluaran hingga Rp2–5 juta. Kalau ingin lebih efisien, pertimbangkan sistem patungan atau akomodasi bersama agar tidak menambah beban salah satu pihak.

Ketika Dana Tak Cukup, Pinjaman Bisa Jadi Opsi

Terkadang, meski sudah direncanakan dengan matang, realita tetap berkata lain. Kalau tabungan belum cukup, pinjaman personal bisa menjadi opsi praktis tanpa mengganggu rencana besar pernikahan.

Kamu bisa coba ajukan Neo Pinjam untuk kebutuhan mendadak saat lamaran di neobank dari Bank Neo Commerce.

Neo Pinjam punya kelebihan, yaitu:

– Limit pinjaman hingga Rp100.000.000

– Pinjaman online dengan pilihan tenor fleksibel minimal 3 bulan – maksimal 24 bulan

– Bunga mulai dari 0,06% flat per hari (setara dengan maksimum APR 21,9% per tahun)

– Tidak ada biaya tersembunyi atau penalti pelunasan lebih awal

Ditambah, pinjaman aman ini juga bebas biaya admin saat pencairan. Meskipun mudah dan cepat, pengajuan kamu tetap melalui evaluasi kelayakan untuk menjaga keamanan pengguna dan mencegah risiko kredit bermasalah.

Download neobank di PlayStore atau App Store dan ajukan Neo Pinjam sekarang. Kunjungi link Neo Pinjam untuk tahu info lengkap serta syarat & ketentuan mengenai Neo Pinjam.

***

PT Bank Neo Commerce Tbk berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) & Bank Indonesia (BI), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Punya Mobil Baru Impian di Akhir Tahun Lebih Ringan dengan KKB 0% BRI Finance

0

Jakarta, 5 November 2025 – Menjelang pergantian tahun, banyak orang mulai menyiapkan resolusi baru dan memberi apresiasi atas perjalanan yang telah dilalui. Momen ini sering kali menjadi waktu yang pas untuk menghadiahkan diri sendiri atau keluarga dengan sesuatu yang bernilai dan berdampak nyata, seperti memiliki mobil baru yang bisa menemani langkah di tahun mendatang. Menyambut semangat tersebut, PT BRI Multifinance Indonesia (“BRI Finance”) menghadirkan program spesial Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) mobil baru dengan bunga 0% per tahun. Program ini memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mewujudkan mobil impian dengan cicilan ringan, proses yang cepat, dan tanpa tambahan beban bunga sepanjang masa pembiayaan.

Di tengah tren kenaikan harga kendaraan baru, inisiatif ini menjadi bukti komitmen BRI Finance dalam menghadirkan solusi finansial yang kompetitif dan relevan dengan gaya hidup masa kini. Melalui skema bunga 0% ini, BRI Finance ingin membantu masyarakat memiliki kendaraan pribadi tanpa mengorbankan kenyamanan finansial, membuka tahun baru dengan langkah yang lebih leluasa dan penuh makna.

Direktur Utama BRI Finance, Wahyudi Darmawan, menjelaskan bahwa program ini bukan sekadar promosi akhir tahun, melainkan bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung mobilitas dan kesejahteraan masyarakat. “Kami memahami bahwa kepemilikan kendaraan kini bukan hanya soal gaya hidup, tetapi bagian dari kebutuhan untuk menunjang produktivitas dan kenyamanan keluarga Indonesia. Melalui program bunga 0% ini, BRI Finance ingin memberikan kemudahan nyata dengan pembiayaan yang ringan, cepat, dan terpercaya,” ujar Wahyudi.

Program KKB mobil baru dari BRI Finance menawarkan berbagai kemudahan, mulai dari pilihan tenor pembiayaan yang beragam, proses pengajuan yang cepat dan transparan, hingga fleksibilitas cicilan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan nasabah. Dukungan ekosistem BRI Group juga memberikan nilai tambah, seperti kemudahan transaksi perbankan, perlindungan asuransi kendaraan, serta layanan digital untuk memantau angsuran secara real time. Semua ini dirancang untuk memberikan pengalaman pembiayaan yang menyeluruh dari proses pengajuan hingga mobil impian tiba di garasi nasabah.

Lebih lanjut, Wahyudi menegaskan bahwa program ini juga memperkuat posisi BRI Finance sebagai penyedia solusi keuangan yang inklusif dan berdaya saing. Wahyudi menambahkan, “Kami ingin menjadi mitra finansial yang tidak hanya menyediakan fasilitas pembiayaan, tetapi juga menghadirkan nilai tambah bagi masyarakat. Harapan kami, inisiatif ini semakin memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap BRI Finance sebagai perusahaan multifinance yang terus berinovasi dan memahami kebutuhan nyata konsumen.”.

Selain pembiayaan kendaraan baru, BRI Finance juga menghadirkan berbagai solusi lain yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, salah satunya BRI Flash, program pembiayaan dana tunai dengan bunga mulai 0,82% per bulan dan plafon hingga Rp500 juta, cukup dengan menjaminkan BPKB kendaraan mobil. Dengan tenor fleksibel hingga empat tahun dan pencairan dana mencapai 90% dari nilai kendaraan, BRI Flash menjadi alternatif yang ideal bagi masyarakat yang membutuhkan likuiditas cepat, baik untuk pengembangan usaha maupun kebutuhan rumah tangga.

Melalui berbagai inovasi ini, BRI Finance terus menegaskan perannya sebagai perusahaan multifinance yang berorientasi pada keberlanjutan dan pemberdayaan masyarakat. Dengan menghadirkan akses pembiayaan yang mudah, bertanggung jawab, dan terjangkau, BRI Finance berupaya memperkuat daya beli masyarakat sekaligus menjaga pertumbuhan positif industri otomotif nasional.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Stasiun Kertapati, Semakin Melayani Dengan 423.984 Penumpang Hingga 1 November 2025

0

Stasiun Kertapati Palembang pada 1 November 2025 genap berusia 110 tahun sejak mulai resmi dioperasikan pada 1 November 1915. Selama perjalanan panjangnya, Stasiun Kertapati ini telah menjadi salah satu simpul utama mobilitas dan perekonomian wilayah. Tercatat dari bulan Januari hingga 1 November 2025 sebanyak 423.984 penumpang telah berangkat dan dilayani melalui Stasiun Kertapati. Stasiun Kertapati merupakan stasiun naik dan turun penumpang dengan volume penumpang yang tertinggi di antara stasiun naik turun penumpang lainnya, yaitu stasiun Payakabung, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, Kota Padang dan Lubuklinggau, dengan jumlah total keseluruhan penumpang yang telah menggunakan kereta api di wilayah Divre III sampai dengan 1 November 2025 adalah 907.125 penumpang.

Manager Humas Divre III Palembang Aida Suryanti menjelaskan, bahwa stasiun Kertapati saat ini terus berbenah dan menjadi momentum bagi PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, baik dari sisi fasilitas, keamanan, maupun kenyamanan perjalanan. Upaya tersebut sejalan dengan semangat KAI ke-80 tahun, yaitu “Semakin Melayani”, yang menekankan peningkatan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.

“Stasiun Kertapati tidak hanya dicatat sebagai bagian dari sejarah tetapi juga simbol kemajuan transportasi dan pelayanan publik di Sumatera Selatan. Selama lebih dari satu abad, stasiun ini terus hadir melayani masyarakat dengan menghadirkan moda transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” ujar Aida.

Stasiun Kertapati (KPT) merupakan stasiun kelas besar tipe A yang terletak di Kemas Rindo, Kertapati, Palembang, pada ketinggian +2 meter di atas permukaan laut. Stasiun ini dibangun oleh Zuid-Sumatra Staatsspoorwegen (ZSS), divisi Staatsspoorwegen Belanda, sebagai bagian dari jaringan jalur kereta api Prabumulih–Kertapati yang menghubungkan Palembang dengan wilayah Lampung dan daerah lain di Sumatera Selatan.

Keberadaan Stasiun Kertapati memberikan dampak nyata terhadap perkembangan sosial ekonomi masyarakat di Sumatera Selatan. Tingginya minat masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api menunjukkan bahwa layanan PT KAI semakin dipercaya dan menjadi pilihan utama untuk mobilitas antarkota.

Berikut data jumlah penumpang yang berangkat dan dilayani dari Stasiun Kertapati selama enam tahun terakhir:

• 2019: 629.161 penumpang

• 2020: 156.373 penumpang (terdampak pandemi Covid-19)

• 2021: 90.199 penumpang (masa pembatasan mobilitas)

• 2022: 342.749 penumpang (masa transisi endemi)

• 2023: 465.785 penumpang (pemulihan penuh aktivitas perjalanan)

• 2024: 492.713 penumpang (tren peningkatan berkelanjutan)

• 2025 (hingga 1 November): 423.984 penumpang

Dengan komitmen Semakin Melayani, Stasiun Kertapati dapat terus menjadi pusat aktivitas transportasi yang modern tanpa melupakan nilai sejarahnya. Melalui peningkatan layanan digital, perbaikan fasilitas penumpang, serta penguatan aspek keselamatan perjalanan, KAI bertekad mewujudkan transportasi kereta api yang semakin andal, efisien, dan berkelanjutan sehingga stasiun Kertapati dapat terus menjadi bagian penting dari perjalanan masyarakat Sumatera Selatan, serta terus berkontribusi bagi kemajuan transportasi dan perekonomian daerah,” tutup Aida

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Banaran Trail Run 2025, Holding Perkebunan Nusantara Dorong Efek Ekonomi Daerah Lewat Olahraga dan Wisata

0

Gelaran Banaran Trail Run 2025 yang diselenggarakan oleh PT Perkebunan Nusantara I (PTPN I), bagian dari Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), membawa dampak ekonomi nyata bagi masyarakat sekitar Kampoeng Kopi Banaran, Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Ajang olahraga lintas alam ini menyedot peserta dari berbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara. Tiga hari menjelang pelaksanaan lomba, Minggu (2/11/2025), hotel, penginapan, dan homestay di kawasan Ambarawa dilaporkan penuh.

“Kami terpaksa menginap di Semarang karena semua penginapan di sekitar Ambarawa sudah penuh sejak jauh hari. Awalnya ingin menginap di dalam kawasan Kampoeng Banaran, tapi ternyata sudah full booked. Jadi kami harus berangkat lebih pagi ke lokasi,” kata Damar, peserta asal Lampung, Sabtu (1/11/2025).

Keramaian peserta dan pengunjung Banaran Trail Run turut menjadi berkah bagi masyarakat sekitar. Selain sektor perhotelan, para pelaku usaha kuliner, transportasi, hingga pedagang kaki lima ikut menikmati peningkatan pendapatan.

“Alhamdulillah kegiatan yang kami adakan membawa berkah bagi masyarakat sekitar. Keramaian ini memberi efek ekonomi yang besar, dan keramahan masyarakat lokal menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta dari luar daerah. Bahkan warung-warung kecil pun ikut laris,” ujar General Manager Kampoeng Kopi Banaran, M. Sunhaji.

Atmosfer ekonomi yang semarak ini juga menjadi perhatian khusus Direktur Utama PTPN I, Teddy Yunirman Danas, yang hadir langsung di lokasi acara sehari sebelum lomba dimulai. “Kami sangat bersyukur atas antusiasme yang luar biasa. Berdasarkan laporan, tingkat okupansi hotel dan penginapan di radius 20 kilometer dari lokasi sudah penuh sejak H-3. Ini berkah besar bagi ekonomi masyarakat sekitar,” ujar Teddy Yunirman Danas.

Teddy menjelaskan, efek berantai dari penuhnya hunian hotel meluas ke berbagai sektor. “Dampaknya tidak hanya pada hotel, tetapi juga pada para pekerja pendukung, pemasok bahan pangan dari petani, serta pelaku UMKM lokal seperti kuliner dan transportasi yang mengalami peningkatan omzet signifikan,” tambahnya.

Sementara itu, SEVP Operation PTPN I Regional 3, Budiono, menyampaikan komitmen perusahaan untuk menjadikan Banaran Trail Run sebagai agenda tahunan berkelanjutan yang tidak hanya berorientasi pada promosi gaya hidup sehat, tetapi juga sebagai instrumen pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Komitmen kami tidak hanya menghasilkan produk perkebunan terbaik, tetapi juga memberdayakan masyarakat melalui pariwisata. Event ini membuktikan bahwa aset perkebunan bisa menjadi motor penggerak kesejahteraan bersama,” ujar Budiono, yang juga bergelar doktor.

Senada dengan itu, Sekretaris Perusahaan PTPN I, Aris Handoyo, menegaskan bahwa dampak ekonomi ke masyarakat sekitar mencerminkan sinergi antara bisnis perkebunan dan potensi wisata daerah.

“Banaran Trail Run adalah wujud nyata integrasi antara core business perkebunan dengan tanggung jawab sosial. Perkebunan bukan hanya ladang produksi, tetapi juga destinasi yang mampu menggerakkan ekonomi lokal secara berkelanjutan,” ujar Aris Handoyo.

Gelaran Banaran Trail Run 2025 sekaligus menjadi bukti nyata kontribusi Holding Perkebunan Nusantara dalam menghadirkan kegiatan berbasis olahraga, lingkungan, dan pariwisata yang membawa manfaat ekonomi langsung bagi masyarakat sekitar kawasan perkebunan.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

BRI Finance Perkuat Ketahanan Pembiayaan di Tengah Tantangan Ekonomi Nasional

0

Jakarta, 3 November 2025 – PT BRI Multifinance Indonesia (“BRI Finance”) terus menunjukkan ketahanan di tengah dinamika industri pembiayaan nasional yang sedang menyesuaikan diri dengan perlambatan ekonomi. Total piutang pembiayaan industri multifinance per Agustus 2025 tercatat sebesar Rp505,59 triliun, naik 1,26% secara tahunan (year-on-year), menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Angka ini lebih rendah dibandingkan pertumbuhan 10,18% pada periode yang sama tahun lalu, mencerminkan tantangan ekonomi yang masih harus dihadapi oleh industri.

Direktur Utama BRI Finance, Wahyudi Darmawan, menekankan bahwa situasi ini menjadi momentum untuk strategi yang lebih matang. “Tahun 2025 kami lihat sebagai fase konsolidasi dan penyesuaian. Fokus kami bukan sekadar mengejar pertumbuhan volume, tetapi memastikan setiap pembiayaan yang disalurkan berkualitas, risiko terukur, dan berdampak positif pada sektor riil. Pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan menjadi prioritas utama BRI Finance,” ujarnya.

Mengantisipasi perlambatan ekonomi, BRI Finance memperkuat pondasi bisnis melalui transformasi digital dan efisiensi proses. Pemanfaatan teknologi menjadi kunci dalam mempercepat analisis risiko, memperbaiki sistem credit scoring, dan memperkuat penagihan berbasis early warning. Langkah ini menjaga kualitas aset sekaligus menghadirkan pengalaman yang lebih baik dan efisien bagi pelanggan.

Tantangan seperti melemahnya daya beli masyarakat dan tingginya suku bunga mendorong industri untuk lebih selektif. “Kami memperkuat strategi melalui diversifikasi produk dan memperluas portofolio ke sektor produktif, termasuk pembiayaan alat berat. Pendekatan ini membuat bisnis kami tidak hanya bergantung pada pembiayaan konsumer, tetapi juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional,” tambah Wahyudi.

Aditia Fakhri Ramadhani, Corporate Secretary BRI Finance, menambahkan bahwa tekanan pada permintaan pembiayaan berasal dari kombinasi faktor makroekonomi. “Daya beli yang melemah, tingginya suku bunga, serta sikap konservatif industri menahan laju pembiayaan tahun ini. Kenaikan harga kebutuhan pokok juga mendorong masyarakat menunda pembelian barang bernilai tinggi, seperti kendaraan, yang selama ini menjadi kontributor utama portofolio multifinance,” ujarnya.

Dhani menyoroti bahwa dampak penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) belum sepenuhnya terasa pada biaya dana (cost of fund) maupun minat pembiayaan nasabah. “Sebagian besar lembaga pembiayaan masih menggunakan sumber pendanaan dengan bunga yang dikunci sejak kuartal sebelumnya. Efek positif dari penurunan BI Rate baru akan terlihat setelah bank menyesuaikan bunga pinjaman dan pasar obligasi merespons,” jelas Dhani.

Dari sisi pendanaan, BRI Finance terus melakukan efisiensi dan optimalisasi struktur pembiayaan untuk menjaga margin di tengah tekanan suku bunga tinggi. Sebagai bagian dari ekosistem BRI Group, perusahaan juga memanfaatkan sinergi dengan induk usaha untuk memperluas akses pembiayaan bagi segmen produktif dan UMKM yang memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang. Dhani menegaskan, “Melihat tren industri multifinance yang tumbuh moderat, BRI Finance memperkirakan pertumbuhan piutang pembiayaan hingga akhir 2025 akan tetap positif, meski tidak setinggi tahun sebelumnya.”

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

La French Tech Indonesia Announces AI Summit 2025: Exploring AI Frontiers to AGI

0

La French Tech Indonesia officially announces the return of its flagship event, AI Summit 2025, to be held on 20 November 2025 at Institut Français Indonesia (IFI) Thamrin, Jakarta. This year’s edition carries the theme “AI Frontiers: From Agentic to AGI”, highlighting the evolving landscape of artificial intelligence, from autonomous tools to the possibilities of artificial general intelligence.

The Summit will bring together over 180 participants, including market leaders, startups, public institutions, and government officials, to exchange insights and explore the future of AI-driven innovation. This milestone edition also celebrates 75 years of France–Indonesia friendship, marking a continued commitment to fostering bilateral collaboration and technology exchange. Get your tickets here.

Program Highlights

The AI Summit 2025 will feature 3 in-depth panel discussions and several key programs designed to connect and empower the ecosystem:

Panel 1: AI Agents, The Rise of Autonomous Tools

How AI agents transform work, decision-making, and daily life through automation and coordination. Exploring how intelligent AI agents are reshaping the way people work, decide, and innovate.

Speakers line up: Alamanda S. Pratistha (Founder & CEO of Binar Academy), Ekki Rinaldi (Founder & CEO of CentaurOps), Nathanael Faibis (CEO of Alodokter), and Sai P. Kolluri (CTO of Google Indonesia).

Panel 2: AGI & ASI, Preparing for the Leap

Examining the opportunities, risks, and the path forward of artificial general and superintelligence.

Speakers line up: Alva Erwin (General Manager of Nashta Group), Ray Frederick (Partner at Alpha JWC Ventures), and Vanya Valindria (Assistant Professor at Monash University Indonesia).

Panel 3: AI & Sustainability, Tools for a Resilient Economy

Examining how AI supports sustainability by optimizing resources, tackling climate risks, and enabling greener goals.

Speakers line up: Ankit Gupta (Co-Founder of Dayatani), Dor Pundak (Head of Global Business of SeeTree), and Eryk Budi Pratama (Vice Chairman of Standing Committee for AI & Personal Data Protection at KADIN Indonesia).

Other key programs include:

Business Matching (in collaboration with BNI Ventures): Linking startups to investors and the corporate ecosystem to drive innovation

Women in Tech Awards: Honoring and celebrating inspiring women entrepreneurs and changemakers who are shaping the future of technology

Partnership

The AI Summit 2025 is made possible through the collaboration of our dedicated partners and sponsors.

BNI Ventures: The corporate venture capital arm of Bank Negara Indonesia (BNI) that focuses on empowering the startup ecosystem through strategic investments and partnerships in fintech and digital innovation. BNI Ventures also drives collaboration between emerging startups and established corporations. As the official main partner and collaborator for the Business Matching Program of the AI Summit 2025, BNI Ventures connects high-potential startups with corporate leaders.

Hyppies: is a next-generation recruitment agency redefining how tech companies grow, through smarter hiring and bolder thinking. With a presence across Singapore, Kuala Lumpur, and Indonesia, Hyppies helps high-growth companies in Asia and beyond scale fast by connecting them with top tech talent that fits, sticks, and performs. Known for its creative, data-driven approach and subscription-based hiring model, Hyppies builds teams with precision and purpose.

Vizir Technologies: is redefining cloud computing by bringing together the best of SaaS convenience and self-hosting control. With Vizir.io, organizations can deploy and manage their cloud-native applications — securely, privately, and with ease.

Looking Ahead: Tech Thursday Event — Road to AI Summit 2025

As part of the countdown to the AI Summit 2025, the next Tech Thursday, La French Tech Indonesia’s monthly networking event, will take place on 6 November 2025 at Aphrodite Restaurant & Bar, Mega Kuningan. This session will bring the community together to share perspectives on the latest discussions in AI innovation, with guest speakers from PwC Indonesia: Andrew Jenkins (Technical Advisor) and Subianto (Digital & Technology Leader).

About La French Tech Indonesia

La French Tech Indonesia is a dynamic and inclusive community dedicated to strengthening the French–Indonesian tech ecosystem. Its mission is to foster collaboration, innovation, and entrepreneurship by connecting French and Indonesian startups, investors, and tech leaders.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Menteri PU: Laksanakan Program Prioritas Presiden Prabowo, Kementerian PU Percepat Anggaran 2025

0

JAKARTA, 3 November 2025 – Kementerian Pekerjaan Umum (PU) terus mempercepat pelaksanaan program prioritas nasional menjelang akhir tahun anggaran 2025. Penyerapan anggaran Kementerian PU tercatat mulai meningkat signifikan sejak pertengahan tahun, seiring dengan penguatan implementasi berbagai program prioritas yang dicanangkan oleh Presiden Prabowo Subianto.

Hingga 30 Oktober 2025, realisasi keuangan Kementerian PU telah mencapai 54,07% dan realisasi fisik sebesar 57,83% dari total pagu efektif sebesar Rp107,16 triliun. Meskipun sempat mengalami penyesuaian anggaran di awal tahun untuk menjaga keseimbangan fiskal nasional, Kementerian PU tetap optimis bahwa prognosis realisasi hingga akhir tahun dapat mencapai 98,39%.

Menteri PU Dody Hanggodo menjelaskan bahwa peningkatan penyerapan anggaran ini didorong oleh percepatan pelaksanaan program prioritas Presiden Prabowo Subianto, antara lain program swasembada pangan, Inpres Jalan Daerah (IJD), Irigasi, dan Sekolah Rakyat.

“Kami sudah melakukan percepatan di seluruh unit kerja, baik di pusat maupun daerah. Program-program prioritas yang diarahkan Presiden berjalan dengan baik, dan kami optimis realisasi hingga akhir tahun akan mendekati 98,39 persen. Namun yang lebih penting bukan sekadar serapan anggaran, melainkan bagaimana infrastruktur yang kami bangun memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” kata Menteri Dody pada acara Media Briefing di Kementerian PU, Jumat (31/10/2025).

Sesuai dengan arahan Presiden Prabowo Subianto, fokus program Kementerian PU pada tahun 2025 secara garis besar diarahkan pada penyelesaian seluruh pekerjaan konstruksi secara tuntas. Pengecualian berlaku bagi beberapa proyek infrastruktur bersifat multi years contract (MYC) yang masih berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

Selain menyelesaikan pembangunan, Kementerian PU juga menekankan pada optimalisasi fungsi infrastruktur yang telah terbangun agar manfaatnya semakin nyata dirasakan masyarakat. Upaya optimalisasi tersebut diwujudkan, misalnya, melalui berbagai bendungan yang telah selesai dibangun dan kini dilengkapi dengan jaringan irigasi untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan mendukung program swasembada pangan nasional.

Upaya itu juga diiringi dengan peningkatan konektivitas antarwilayah, khususnya melalui pembangunan dan perbaikan jalan yang menghubungkan pusat-pusat produksi, kawasan pertanian, dan sentra ekonomi daerah. Dengan demikian, infrastruktur yang dibangun tidak hanya berdiri secara fisik, tetapi juga berfungsi aktif mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia.

Menurut Menteri Dody, berbagai infrastruktur yang dibangun Kementerian PU pada dasarnya berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, baik melalui pembangunan jalan, bendungan, maupun jaringan irigasi.

“Selama sepuluh tahun terakhir, kami telah membangun lebih dari 50 bendungan yang kini sebagian besar telah berfungsi optimal mendukung ketahanan pangan nasional. Semua itu bagian dari kerja nyata agar setiap rupiah anggaran yang digunakan memberikan manfaat langsung bagi rakyat,” tutur Menteri Dody.

Dengan semangat percepatan, Kementerian PU akan terus memastikan bahwa pembangunan infrastruktur tidak hanya selesai tepat waktu, tetapi juga tepat manfaat. Langkah ini selaras dengan visi Presiden Prabowo untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat pangan dan berkeadilan wilayah, serta secara efektif memanfaatkan anggaran untuk program-program prioritas.

Program kerja ini merupakan bagian dari “Setahun Bekerja, Bergerak – Berdampak” dalam menjalankan ASTA CITA dari Presiden Prabowo Subianto.

#SigapMembangunNegeriUntukRakyat

#SetahunBerdampak

About Biro Komunikasi Kementerian Pekerjaan Umum

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) merupakan kementerian negara dalam Kabinet Merah Putih di Pemerintah Republik Indonesia. Kementerian ini bertugas dalam urusan pekerjaan umum, yaitu: bertugas dan bertanggung jawab atas pembangunan dan pengelolaan infrastruktur di Indonesia, termasuk jalan raya, jembatan, pengelolaan air. Kementerian Pekerjaan Umum bertanggung jawab kepada Presiden. Sejak tanggal 21 Oktober 2024, kementerian dipimpin Dody Hanggodo.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES